Selama 2019, Lima Kapal Pesiar Sandar di Sabang

Kapal pesiar MS Europa yang membawa 332 wisatawan mancanegara bersandar di Pelabuhan CT 3 BPKS Kota Sabang, Minggu (14/04).

Kapal Pesiar Europa yang di Nahkoda oleh Mr. Hatmann Olaf Otto merupakan kapal pesiar yang kelima bersandar di Kota Sabang selama tahun 2019 ini, setelah sebelumnya MS Seabourn Soujourn, MS Seven Saes Mariner, MS Silver Discoverer, MS Albatros dan MS. Europa.

Kedatangan kapal pesiar berbendera Bahamas beserta ratusan wisatawan itu disambut langsung oleh Plt Kepala BPKS Razuardi.

Para wisatawan kemudian turun dari kapal dengan mengunjungi Bazar Wisata Cruise dari Kadispar Aceh disekitar pelabuhan dan selanjutnya wisatawan menyusuri Kota Sabang menggunakan jasa organda taxi becak roda tiga dan ada juga petugas tour Guide. Mereka berkunjung ke sejumlah destinasi wisata bahari dan heritage.

Para penumpang kapal pesiar yang turun dari kapal menyempat diri berkunjung ke berbagai objek wisata laut pantai Iboih dan Sumur Tiga yang menghadap ke Samudera Hindia dan Selat Malaka dan wisata heritage, seperti Benteng-Benteng Jepang.

Menurut Razuardi, setelah MS Europa, sesuai konfirmasi kepala Manajemen Unit Pelabuhan, akan ada kapal pesiar lain yang sudah mengkonfirmasi bakal sandar di Sabang hingga akhir 2019 nanti. Kapal pesiar itu antara lain, MS Azamara Quest, MS Seabourn Encore, MS Boudicca, Marella Discovery, dan MS Seabourn Ovation.

” BPKS akan terus berupaya meningkatkan pelayanan dan menciptakan rasa aman, nyaman selama singgah di Kota Sabang ini,” ujar Razuardi.

Sementara itu Deputi Komersial dan Investasi, Agus Salim menambahkan, pihaknya kedepan juga akan menargetkan setiap bulan bisa dikunjungi minimal satu kapal. Dan bila hal ini tercapai akan berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi. Sedangkan dari sisi fasilitas, BPKS akan terus berbenah, dimana ada kekurangan akan dibenahi.

” Saat ini cukup memadai untuk menghandle cruise-cruise besar, dimana Dermaga milik BPKS memiliki panjang lebih dari 400 meter dan memiliki laut yang dalam. Namun yang terpenting, pelabuhan kita telah memiliki sertfikat ISPS-Code tentang keamanan pelabuhan,” katanya.