KIP Banda Aceh Ingatkan, Dilarang Selfie di TPS

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Banda Aceh menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2019, Senin, (08/04).

Divisi Teknis Kepemiluan KIP Banda Aceh, Hasbullah Yunur mengatakan simulasi dibuat se nyata mungkin menggambarkan kondisi di hari H nanti, dimana terdapat kotak suara, bilik suara, papan pengumuman DPT, petugas KPPS, Pengawas TPS dan saksi.

“Simulasi kita laksanakan hari ini untuk melihat sejauh mana petugas di lapangan menghadapi situasi riil dan bagaimana efektifitas petugas TPS menghadapi kondisi dan kendala di lapangan,” ujar Hasbullah.

Simulasi yang dilaksanakan di stadion Lhong Raya Banda Aceh ini lanjutnya, melibatkan PPK, PPS, dan petugas KPPS setempat. Simulasi digambarkan dengan TPS 000 dengan jumlah DPT 204 pemilih dengan sampel desa Lampeuot, Banda Raya.

“Kita juga akan lihat berapa estimasi waktu yang dibutuhkan setiap pemilih sehingga kita bisa memperkirakan hari pemungutan dan pemungutan nanti dapat berjalan sesuai jadwal yang ditentukan,” ungkap Hasbullah

Wakil Wali Kota Banda Aceh, Zainal Arifin turut hadir dan membuka rangkaian kegiatan simulasi, pada kesempatan tersebut juga memperagakan tata cara memilih mulai dari memasuki TPS, mencoblos hingga memasukkan surat suara yang telah di coblos ke kotak suara.

Hal unik juga terjadi saat salah seorang peserta di simulasikan ingin berswafoto di area TPS. Salah seorang petugas KPPS dengan sigap menegur pemilih tersebut.

“Maaf pak, tidak diperkenankan untuk selfie (swafoto) di dalam area TPS, di luar area silakan saja” tegas salah satu petugas KPPS yang disambut tepuk tangan peserta simulasi.

Hasbullah, menjelaskan bahwa simulasi juga dilakukan kepada beberapa segmen pemilih. Mulai dari pemilih pemula, pemilih lansia, bahkan kita juga lakukan simulasi kepada pemilih disabilitas.

“Nanti kita akan memetakan apa saja kendala di TPS dan estimasi waktu yang dibutuhkan terutama bagi pemilih disabilitas. Tentu, kita ingin setiap TPS di Banda Aceh accessable dan ramah bagi penyandang disabilitas,”, jelas Hasbullah.

Ketua KIP Banda Aceh Indra Milwady dalam sambutannya berharap simulasi yang dilakukan KIP Banda Aceh diharapkan mampu menjadi tolok ukur kesiapan petugas TPS menjelang hari pemungutan suara.

“Kami berharap simulasi hari ini bisa memperkirakan bagaimana kondisi di lapangan saat pemungutan dan penghitungan suara, sehingga petugas nantinya mampu lebih sigap dan terlatih menghadapi kondisi riil 17 April mendatang” ujar Indra.