Ragam Inovasi Tanjung Selamat Dipamerkan pada Lomba Gampong se-Aceh Besar

Sejumlah inovasi dan beragam produk hasil dari masyarakat Tanjung Selamat dipamerkan pada pelaksanaan penilaian perlombaan gampong (desa) tingkat Kabupaten Aceh Besar, Jumat (22/3) di halaman Masjid Babul Maghfirah, Darussalam.

Produk dan karya yang dipamerkan diantaranya, kue bhoi (bolu), kue haluwa, kue hantaran pengantin khas aceh, rangkai bunga pengantin, rias pengantin, dan beragam produk tradisional lainnya.

Bahrul Jamil, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Aceh Besar, dalam sambutannya mengatakan semua program dan kegiatan yang sudah dijalankan selama ini haruslah terus dirawat untuk keindahan dan kenyamanan dalam gampong.

“Semua program yang dijalankan jangan hanya bagus ketika ada perlombaan saja karena perlombaan itu sifatnya hanya sementara, tetapi haruslah terus dijaga sampai dengan seterusnya,” katanya.

Lanjutnya, beberapa aspek yang akan jadi poin penilaian meliputi pemerintahan gampong, kewilayahan, kemasyarakatan dalam aspek partisipasi masyarakat dan lembaga kemasyarakatan, PKK, keamanan dan ketertiban, pendidikan, kesehatan, ekonomi penguatan kemiskinan dan kapasitas masyarakat, serta aspek syari’at Islam.

Ia juga berharap agar setiap gampong yang ada di Aceh Besar bisa terus mengembangkan berbagai program dalam segala lini.

Sementara itu, Husaini Abdullah, Pj Keuchik Tanjung Selamat mengatakan, gampong yang dipimpinnya itu mempunyai potensi kemajuan yang sangat besar.

“Ada beberapa inovasi gampong yang telah jalan dan bisa kita lihat dari sektor pertanian yang memang sudah sangat berkembang, juga penggemukan sapi dari Badan Usaha Milik Gampong (BUMG), jadi ini menjadi modal utama,” jelasnya.

Selain itu, ia juga menambahkan bahwa masyarakat Tanjung Selamat telah menjalankan berbagai program dalam upaya memperbaiki kualitas gampong dari segala sektor.

“Ada beberapa program yang sudah kami gagas dan jalankan seperti Rumah Hafal Alquran Mahasiswa, Santunan Anak Yatim, Grup Zikir (Dikee Aceh Nurul Maghfirah), Grup Pengajian Nurul Iman, Koperasi Wanita, dan Meureuno Harah Jawoe Bahasa Aceh dari Bale Tambeh TA Sakti serta berbagai program lainnya,” sebutnya didampingi Koordinator Acara, Wirzaini Usman.

Dalam pegelaran tersebut juga diadakan Bazar serta dimeriahkan dengan pameran foto kegiatan gampong dengan tajuk “Tanjung Selamat Dalam Gambar”.

Tanjung Selamat saat ini memiliki 4.427 jiwa penduduk yang terdiri dari empat dusun definitif, yaitu Dusun Cot Jambee, Dusun Lampoh Goung, Dusun Lampong Jantong dan Dusun Popeh serta ditambah satu dusun persiapan, yakni Dusun Tgk Diblang. antara

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads