Media Center Diskominfo Aceh Masuk Lima Besar Nasional

Media Center Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Aceh masuk peringkat lima besar kategori Media Center teraktif dalam pengiriman berita kategori Provinsi se-Indonesia.

Keberhasilan tersebut diumumkan dalam acara Bimtek Peningkatan Kapasitas SDM Media Center Daerah Kementerian Kominfo RI di Bogor, Rabu (13/02/2019).

Berada di peringkat pertama Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, peringkat kedua diraih oleh Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Riau, peringkat ketiga diraih oleh Dinas Komuikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Barat, Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Aceh meraih peringkat keempat dan Biro Humas Protokol Setda Provinsi Gorontalo berada di peringkat kelima.

Direktur Pengelolaan Media Kementerian Kominfo RI Siti Meiningsih saat membuka bimtek tersebut mengatakan potensi media center bagi lembaga pemerintahan ke depan sangat besar terutama dalam pemenuhan hak publik terhadap informasi.

Fungsi media center daerah untuk mengutamakan penyebaran informasi publik baik isu lintas sektor dan isu sektoral, membuat konten berupa berita teks, berita foto, dan grafis terkait informasi isu strategis yang bersifat lokal dan isu lintas sektoral tentang pelayanan publik serta membuka layanan informasi dan melakukan komunikasi publik melalui media selain online.

Ketua panitia penyelenggara Nurleli mengatakan media center merupakan salah satu simpul pusat pelayanan infromasi dan komusikasi publik dalam mengkomunikasikan kebijakan publik secara cepat, tepat, akurat dan relevan agar mudah dipahami dan meningkatkan partisipasi.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Aceh Marwan Nusuf mengatakan keberhasilan ini merupakan hasil dari kerjasama tim Media Center Aceh dalam upaya mengirim berita dan foto seluruh kegiatan Pemerintah Aceh yang dipublikasikan ke portal berita infopublik.id.

“Prestasi ini dapat menjadi motivasi dalam membuat inovasi berita ke depannya, sehingga diharapkan Media Center bisa lebih aktif lagi dalam menyebarkan informasi penyelenggaran pemerintah Aceh sehingga akan mendapat prestrasi yang lebih baik lagi,” ungkapnya.