Harga Tiket Pesawat Aceh-Surabaya Lebih Murah Lewat Kuala Lumpur

Bandara SIM/antara

Tarif tiket penerbangan pesawat terbang lokal masih dinilai mahal. Bahkan, ada kabar muncul yang menyebutkan bahwa harga tiket pesawat Air Asia ke Surabaya via Kuala Lumpur, ternyata jauh lebih murah dibanding maskapai tanah air.

Penasaran dengan kabar tersebut, detikFinance mencoba melakukan simulasi pemesanan tiket di salah satu biro perjalanan online untuk membandingkan tarif tiket Air Asia dengan maskapai lokal.

Tiket penerbangan Air Asia dari Banda Aceh ke Surabaya sendiri tarifnya berkisar antara Rp 800-Rp 1,7 juta. Penerbangan tersebut melakukan transit terlebih dahulu di Kuala Lumpur.

Lalu, ada maskapai lokal Garuda Indonesia yang mematok tarif tiket di rute yang sama seharga Rp 4 juta-Rp 4,3 juta. Penerbangan tersebut transit di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Jakarta.

Selanjutnya, maskapai lokal Lion Air menawarkan harga yang lebih murah daripada Garuda. Untuk rute yang sama hanya berkisar Rp 1,9 juta-Rp 2,8 juta dengan transit di Bandara Kualanamu, Medan.

Dari data tarif di atas, dapat disimpulkan dua penerbangan lokal yang juga transit di dalam negeri harganya lebih mahal ketimbang penerbangan maskapai internasional yang transit terlebih dahulu di Kuala Lumpur, Malaysia.

Sebelumnya, pihak Garuda Indonesia menjelaskan bahwa tarif yang berlaku memang sudah normal. Tarif terlihat mahal karena perjalanan menuju Surabaya dari Banda Aceh harus singgah di Jakarta terlebih dahulu.

“Kan dari Aceh ke Surabaya memang ada transit dulu ya, jadi ya wajar harga segitu, harga normalnya kita memang seperti itu,” ungkap Ikhsan.

Lebih lanjut, menurut Ikhsan harga tersebut masih bisa disebut wajar. Alasannya, karena memang masih ada di bawah tarif atas yang ditentukan pemerintah.

“Harga kita itu sudah ada rangenya pas di antara tarif atas dan tarif bawah pada PM14. Dari Aceh ke Jakarta aja itu tarif atasnya sekitar Rp 2,9 juta, lalu ditambah lagi Jakarta ke Surabaya sekitar Rp 1,6 juta, tinggal tambahkan saja,” jelas Ikhsan. detik