Masjid Haji Keuchik Leumik Bergaya Timur Tengah Diresmikan

Masjid haji Keuchik Leumik Lamseupeung Banda Aceh/Akj

Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah meresmikan sebuah bangunan masjid dengan ciri khas Timur Tengah di Gampong Lamseupeung Kecamatan Lueng Bata Kota Banda Aceh, Senin (28/01/2019).

Masjid yang diberi nama Masjid Haji Keuchik Leumik berdiri megah diatas tanah seluas 2500 meter persegi tersebut di bangun oleh Harun Keuchik Leumik, Wartawan senior yang juga pengusaha di kota Banda Aceh.

Harun menjelaskan, peletakan batu pertama pembangunan masjid Haji Keuchik Leumik dilakukan pada 10 Juli 2016 oleh Imam Besar Masjid Raya Baiturrahman Azman Ismail dan walikota Banda Aceh Illiza Sa’aduddin Djamal. Menurutnya, masjid tersebut memiliki luas 34x 22 meter dan mampu menampung 1000 orang jamaah.

“Sebenarnya luas lahan komplek ini 3500 meter persegi, tapi selebihnya kita manfaatkan untuk balai pengajian yang telah beridiri sejak 2005 atau pasca tsunami untuk menampung pendidikan anak korban tsunami dan anak yatim ketika itu,” lanjutnya.

Harun menambahkan, struktur bangunan masjid tersebut dirancang oleh konsultan dari Unsyiah Banda Aceh.

Bangunannya yang terdiri dari lima kubah, yang terdiri dari empat kubah kecil dan satu kubah besar, serta satu menara yang tingginya mencapai 52 meter.

“Bentuk masjid ini kami terinspirasi dari bangunan masjid bergaya timur tengah, dan relief yang melekat pada masjid ini adalah perpaduan dari relief masjid Madinah, Maroko, Spanyol Alhamra dan bangunan ini juga dilengkapi dengan cctv,” ujar Harun.

Sementara itu Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah mendorong agar masjid tersebut benar-benar menjadi pusat pemberdayaan dan pembinaan umat, baik aqidah, syariah dan akhlak.

“Kami berharap agar masjid yang telah dibangun ini tidak hanya digunakan sebagai tempat ibadah mahdhah saja, namun juga digunakan sebagai sarana mewujudkan seluruh kemashlahatan umat Islam seperti yang dicontohkan oleh Baginda Rasullullah SAW,” ujar Nova.