Ghazali Abbas : Sinergisitas Bank dan Pengusaha, Perlancar KUR

Anggota DPD RI perwakilan Aceh Ghazali Abbas Adan mengatakan adanya sinergisitas antara pihak bank dengan pengusaha kecil dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) akan dapat memperlancar dan mempermudah penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Ghazali menyebutkan, kemudahan KUR bagi pengusaha kecil dan UMKM sangatlah berkaitan dengan pihak perbankan yang memang diamanahkan oleh undang-undang untuk mempermudah proses dan syarat penyaluran KUR.

Sementara di pihak lain, pengusaha kecil/UMKM harus menunjukkan transparansi, kejujuran dan keamanahannya manakala ingin mendapatkan bantuan modal dalam bentuk KUR dari pihak Bank.

“Inilah yang menjadi bahan diskusi dalam RDP dengan Bank Mandiri dan BNI di Banda Aceh serta Dinas Koperasi dan UKM di beberapa Kabupaten di Aceh sebagai leading sektor penyaluran dan penerima bantuan KUR selama reses yang berlangsung akhir Desember 2018 hingga awal Januari 2019 ini,” kata Ghazali Abbas Adan, Minggu (06/01/2019).

Intinya sebut Ghazali adalah dalam kaitannya dengan penyaluran KUR bagi pengusaha kecil dan UMKM maka leading sektor dan para pihak masing-masing haruslah taat asas yakni pihak Bank sebagai penyalur kredit, sementara adanya transparansi, kejujuran dan amanah di pihak penerima KUR.