Dinsos Aceh Peringati Hari Disabilitas Internasional 2018

Anak-anak penyandang disabiltas ikut lomba mewarnai

Dinas Sosial Provinsi Aceh menggelar peringatan Hari Disabilitas Internasional 2018 di Lapangan Indoor Jasdam, Neusue, Banda Aceh, Rabu (5/12/2018).

Kegiatan yang dibuka oleh Staf Alhi Gubernur Aceh Bidang pemerintahan, Rachmat Fitri dimeriahi dengan berbagai perlombaan yang diikuti oleh 290 peserta yang berasal dari berbagai intansi dan organisasi disabilitas di Banda Aceh dan Aceh Besar.

Kepala Dinas Sosial Aceh Alhudri kepada wartawan mengatakan, tujuan dilakukannya kegiatan tersebut dalam rangka meningkatkan kepasitas anak-anak penyandang disabilitas serta untuk membangun persepsi bahwa derajat manusia normal dengan penyandang disabilitas itu sama.

“Yang harus diketahui bahwa kita semua ini sama. Selain itu untuk mendukung dan menjalin silaturrahmi sesama penyandang disabilitas,” katanya.

Alhudri menuturkan, Pemerintah Aceh melalui Dinas Sosial Aceh berkomitmen dalam memberdayakan dan memperhatikan kesejahteraan penyandang disabilitas.

Setiap tahun, katanya, Dinas Sosial Aceh rutin menyerahkan dan melakukan pemasangan kaki dan tangan palsu serta kursi roda adaptif untuk menunjang aktivitas para penyandang disabiltas yang berjumlah 1,2 persen dari 5 juta lebih penduduk di Aceh.

“Untuk Tahun 2018, dari Rp 178 miliar pagu anggaran di Dinas Sosial Aceh terdapat Rp 5 miliar untuk penyandang disabilitas. Diantaranya untuk pemberdayaan dan kesejahteraan penyandang disabilitas,” katanya.