Curah Hujan Tinggi, Aceh Darurat Banjir dan Longsor

Banjir Bandang di Aceh Tenggara/BPBA

Intensitas hujan yang tinggi sejak sepekan terakhir di Provinsi Aceh mengakibatkan sejumlah daerah kabupaten dan kota di sana dilanda longsor dan banjir bandang. Puluhan rumah terendam dan ratusan jiwa mengungsi.

“Menurut prakiraan cuaca dari BMKG Blang Bintang Aceh, wilayah bencana yang kami himpun berawal dari kondisi cuaca yang buruk atau dengan kata lain curah hujan dengan intensitas tinggi,” kata Kepala Badan Penanggulan Bencana Aceh (BPBA) T. Ahmad Dadek kepada kumparan, Rabu (5/12).

Berdasarkan data dari Pusat Pengendali Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops-PB) BPBA, luapan air terjadi di tiga kabupaten/kota, yakni Aceh Jaya, Aceh Barat, dan Subulussalam. Sementara untuk banjir bandang terjadi di Kabupaten Aceh Tengggara, dan bencana Longsor di Kabupaten Aceh Tengah dan Pidie.

Laporan bencana ini merupakan hasil pendataan sejak 26 November 2018 hingga 03 Desember 2018.

“Banjir luapan yang terjadi di Aceh Barat melanda 10 kecamatan dan 99 desa,” ujar Dadek. “Namun saat ini kondisinya sudah surut. Di Aceh Jaya, dua kecamatan dan 11 desa untuk saat ini juga sudah surut. Sedangkan di Kota Subulussalam banjir masih menggenangi tiga Kecamatan dan sembilan desa.”

Untuk bencana longsor di wilayah Kabupaten Aceh Tengah melanda Desa Kuala, Kecamatan Bintang atau lintas Takengon-Blang Kejeren, sudah diantisipasi petugas. Daerah itu yang sebelumnya akses jalan sempat terputus, sudah bisa dilalui oleh kendaraan.

Begitu juga longsor yang terjadi di Kabupaten Pidie di lintas Beureunuen-Tangse KM 43 sudah diperbaiki secara cepat dan kini bisa dilalui kendaraan.

Dadek mengatakan banjir yang melanda Aceh Tenggara di tiga kecamatan dan empat desa saat ini sedang dalam proses pembersihan oleh pihak Perkintan, TNI, Polri, dan BPBD.

“Di sana (Aceh Tenggara), Dinas Sosial masih membuka dapur umum untuk para pengungsi dan relawan,” ujar Dadek. “Dinas Kesehatan juga masih membuka posko untuk para pengungsi dan masyarakat yang membutuhkan pemeriksaan kesehatan di kecamatan yang terlanda bencana.”

Hingga berita ini diturunkan, hujan dengan intensitas tinggi masih mengguyur sejumlah wilayah di Aceh.Kumparan