Jumlah Peserta Lulus CAT CPNS Kemenag Aceh Tak Sampai 1 Persen

Tes CPNS Kemenag

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) selesai dilaksanakan di Universitas Abulyatama Aceh Besar, Senin (12/11) sore.

Kabag Tata Usaha Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Saifuddin mengatakan dari 20.476 peserta ujian yang mengikuti tes, hanya 119 orang yang dinyatakan lulus. “Kalau dihitung-hitung hanya 0,58 persen yang lulus,” katanya, Selasa (13/11).

Menurutnya jumlah peserta yang lulus tersebut tidak bisa memenuhi kuota formasi yang dibutuhkan.

“Total formasi yang kita butuhkan adalah 1.250 orang, jadi banyak sekali kosongnya,” tambah Saifuddin.

Terkait masalah kuota tersebut, Saifuddin mengatakan akan melakukan koordinasi dengan Biro Kepegawaian Kemenag RI setelah tes secara nasional sudah selesai.

“Kita tetap akan meminta kebijakan pusat terkait kuota yang tidak terpenuhi. Harapan kita semua formasi dapat terisi dari peserta yang sudah mengikuti tes CAT,” jelasnya.

Dari data Sub Bagian Ortala dan Kepegawaian Kanwil Kemenag Aceh, 119 orang yang lulus CAT tesebut sudah termasuk honorer 6 orang dan disabilitas 3 orang.

Jumlah peserta yang mengikuti ujian seharusnya 21.759 orang, termasuk honorer 62 orang dan 16 orang disabilitas. 1.283 peserta tidak hadir saat ujian berlangsung. Kemenag