BKKBN : Kampung KB Untuk Mewujudkan Keluarga Kecil Berkualitas dan Sejahtera

Salah satu tujuan dari program Kampung KB adalah untuk meningkatkan partisipasi keluarga, masyarakat, peran pemerintah, lembaga non pemerintah serta swasta dalam melaksanakan program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), yang terintegrasi dengan program pembangunan lintas sektor lainnya, sesuai dengan kebutuhan dan kondisi wilayah.

Hal demikian disampaikanKabid ADPIN BKKBN Aceh Faridah disela-sela pencanangan 14 Kampung Keluarga Berencana serentak di Kabupaten Nagan Raya, Kamis (11/10/2018).

Pencananqgan 14 Kampung KB Serentak tersebut dilakukan di Desa Suak Peureubong, Kecamatan Seunagan Timur oleh Bupati Nagan Raya, M Jamin Idham dan didampingi Kepala Perwakilan BKKBN Aceh yang diwakili Kabid ADPIN, Faridah, Kepala OPD KB, Ujang, Camat Seunagan Timur, Saiful Bahri, dan Keuchik Peureubong, Balukia Daud.

Faridah berharap agar pembentukan Kampung KB tidak diartikan bahwa masyarakat di desa tersebut harus ikut KB dan memiliki jumlah anak dua.

“Pembentukan Kampung KB yaitu untuk meningkatkan hidup masyarakat di tingkat gampong melalui program KKBPK serta pembangunan sektor lain dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas dan sejahtera,” kata Faridah.

Pada prinsipnya kata Faridah, Program KKBPK, untuk mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera dengan melaksanakan delapan fungsi keluarga. Penerapan fungsi keluarga ini membantu keluarga lebih bahagia dan sejahtera, terbebas dari kemiskinan, kebodohan dan keterbelakangan.

Keberhasilan program KKBPK menurut Faridah, dapat dilihat dari beberapa aspek. Pertama, aspek pengendalian kuantitas penduduk, kedua, aspek peningkatan kualitas penduduk yang dalam hal ini diukur dengan peningkatan ketahanan dan kesejahteraan keluarganya.

Sementara itu Bupati Nagan Raya, M. Jamin Idham mengatakan,manfaat Kampung KB selain bisa mengentaskan kemiskinan, juga mendekatkan pembangunan kepada masyarakat. Program Kampung KB, menurutnya, tak hanya meningkatkan kualitas dan kesejahteraan, tetapi juga memberdayakan potensi masyarakat agar berperan nyata dalam pembangunan.

“Kami sangat mendukung pembangunan sarana jalan dan irigasi yang dibutuhkan masyarakat di Kampung KB, sebagaimana yang disampaikan Keuchik dan camat. Serta pemanfaatan lahan kosong baik disektor pertanian, perkebunan, maupun perikanan juga akan kami dukung,” ujarnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads