Steffy Burase Kembali Dipanggil KPK Jadi Saksi Irwandi Yusuf

Fenny Steffy Burase kembali dipanggil KPK hari ini. Steffy akan diperiksa terkait kasus suap alokasi dan penyaluran dana otonomi daerah khusus (DOK) Aceh.

“Dipanggil sebagai saksi untuk IY (Irwandi Yusuf),” kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah, Jumat (5/9/2018).

KPK sebelumnya juga memeriksa kerabat Fenny Steffy Burase, Farah Amalia. Farah dicecar penyidik KPK soal kepemilikan asetnya. KPK menduga ada kaitan antara aset Farah dengan Steffy dalam perkara suap Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf.

Dalam perkara ini, KPK menetapkan Irwandi sebagai tersangka suap. Dia diduga menerima duit suap dari Bupati Bener Meriah nonaktif Ahmadi sebesar Rp 500 juta.

Uang itu merupakan bagian dari commitment fee Rp 1,5 miliar atau 10 persen demi mendapatkan ijon proyek infrastruktur yang menggunakan alokasi Dana Otsus. KPK menduga bagian 8 persen diperuntukkan bagi sejumlah pejabat di provinsi, sedangkan 2 persen di tingkat kabupaten.

Sebagian dari duit suap Rp 500 juta itu diduga akan digunakan untuk kegiatan Aceh Marathon 2018. Selain Irwandi dan Ahmadi, ada dua orang yang juga dijerat sebagai tersangka, yaitu Hendri Yuzal dan Syaiful Bahri.

Dalam perkembangannya, KPK juga cukup intens memeriksa Steffy yang bahkan telah dicegah ke luar negeri. KPK menduga tahu soal aliran duit suap Irwandi. detik

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads