Kemah Seniman di Gelar di Aceh Besar 26-28 Oktober 2018

Kemah Seniman di Gelar di Aceh Besar 26-28 Oktober 2018/Ist

Dewan Kesenian Aceh (DKA) Kabupaten Aceh Besar, bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Besar akan menyelenggarakan Kemah Seniman Ke-3 yang dipusatkan di Gampong Mon Ikeun, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, mulai 26 sampai 28 Oktober 2018.

Ketua DKA Aceh Besar, Burhanuddin, mengatakan kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka menjalin silaturrahmi dan menampilkan kreatifitas seniman.

“Selain ajang pertemuan para seniman, kemah seniman juga menampilkan berbagai karya seni. Di kesempatan itu, juga dilakukan pembentukan Dewan Kesenian Kecamatan,” kata H Burhanuddin disela meninjau kesiapan tempat, bersama Camat Lhoknga Syarbaini, Imuem mukim Lhoknga, Keuchik Mon Ikeun bersama sejumlah pengurus DKAB, Kamis (4/10/2018).

Menurut dia, yang terpenting dalam kegiatan tersebut diadakannya duek pakat (musyawarah seniman) dan diharapkan akan melahirkan sejumlah rekomendasi-rekomendasi terhadap keberlangsungan pelestarian dan seni Aceh Besar. “Semoga kerja besar ini mampu dilahirkan dalam kemah seniman 2018 dengan dukungan Muspika Lhoknga dan masyarakat,” pungkas H Burhanuddin.

Sementara Camat Lhoknga, Syarbini, menyambut baik atas ditunjuknya kecamatan Lhoknga sebagai tempat pelaksanaan Kemah Seniman Ke-3 tahun 2018. Dengan adanya event tahunan ini, diyakini akan membawa banyak manfaat, khususnya di bidang seni dan sekaligus, sebagai tempat perputaran dan pemberdayaan perekonomian masyarakat.

Senada itu, Ketua Panitia Pelaksana Kemah Seniman ke-3, Mariadi menjelaskan, kegiatan kemah seniman diikuti oleh seniman-seniman yang berasal dari 23 kecamatan se-Aceh Besar dengan mengikutsertakan tiga orang senimannya setiap kecamatan.

Selain akan diadakan pentas seni dengan menampilkan berbagai karya seniman Aceh Besar, dalam even tersebut, juga akan diadakan seminar yang menghadirkan pemateri yang berkompeten dibidangnya.

“Kami berharap kemah seniman tiga ini mendapat dukungan semua elemen masyarakat dan juga pihak kecamatan sudah bisa menyiapkan peserta, serta nanti pemanggilan peserta akan dikirimkan surat,” demikian Mariadi.