Anggota DPRK Minta Guru PAUD Bentuk Karakter Anak Sesuai Tuntunan Agama

Pelatihan guru PAUD/Ist

Untuk membentuk anak-anak yang memiliki karakter dan akhlak yang baik harus dimulai sejak dini, salah satunya melalui Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Oleh karena itu dibutuhkan guru-guru PAUD yang memiliki kapasitas untuk mewujudkan hal tersebut.

Hal demikian disampaikan Anggota DPRK Banda Aceh Isnaini Husda pada kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Guru PAUD di Kota Banda Aceh, yang terselenggara atas kerjasama Dinas Pendidikan Kota Banda Aceh bersama Himpaudi, Senin (01/10).

Isnaini mengatakan apabila anak-anak sudah terbiasa dengan hal-hal yang baik sejak usia dini, maka akan mudah untuk dibentuk karakter anak yang sesuai dengan tuntunan agama dan kearifan lokal daerah.

“Kegiatan ini untuk menambah ilmu bagi guru PAUD dalam rangka mendidikan anak-anak pendidikan usia dini, penekanannya adalah pendidikan karakter, sehingga anak-anak mempunyai akhlak yang baik sejak usia dini,” ujarnya.

Isnanini menyebutkan untuk tahap pertama, para pesertanya berasal dari kecamatan Ule Kareng dan Syiah Kuala, selanjutnya akan dilaksanakan secara lebih luas.

“Kita berharap para peserta serius mengikuti kegiatan dan memperoleh ilmu yang memadai sehingga bisa diaplikasikan di sekolahnya masing-masing,” lanjutnya.

Ditempat yang sama, Ketua DPRK Banda Aceh Arif Fadilah, juga menyampaikan dukungan pihaknya dalam upaya meningkatkan kapasitas bagi pengajar PAUD di Banda Aceh.

“Ini luar biasa perlu, kita di DPRK maksimal memberikan dukungan terhadap pendidikan PAUD. Dan 2019 kita meminta kepada Dinas Pendidikan memberikan anggaran yang memadai untuk peningkatan PAUD di Banda Aceh,” ujar Arif.

Wakil Ketua PKK Banda Aceh Fauziah, menyampaikan apresiasi atas terlaksananya pelatihan bagi guru PAUD yang dilaksanakan oleh Himpaudi kota Banda Aceh. Karena kata dia, anak-anak usia dini merupakan calon pemimpin bangsa masa depan sehingga bagaimana kondisi anak sekarang adalah cermin bangsa masa depan.

“Guru juga harus benar-benar memberikan teladan yang baik kepada anak-anak, karena anak lebih cenderung mengikuti apa yang diajarkan oleh guru mereka di sekolah,” lanjutnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Banda Aceh, Saminan mengatakan, Pemko Banda Aceh memastikan ada perhatian khusus bagi PAUD di kota Banda Aceh. Ia berharap melalui pendidikan Usia dini ini mampu mendidik anak-anak dan melatih mereka dalam berbagai hal seperti pembentukan karakter, disiplin dan akhlak.

“Selama ini kita ada anggarkan untuk PAUD, tapi kan terbatas, maka kami bersyukur ada bantuan dari anggota DPRK kita yang membantu kegiatan PAUD di Banda Aceh,” ujarnya.