Buku Biografi Hasan Tiro Diterbitkan dalam Bahasa Inggris

Menjelang milad Hasan Tiro pada 25 September, penerbit Bandar Publishing menerbitkan buku biografi deklarator Aceh Merdeka itu dalam edisi bahasa Inggris.

“Edisi bahasa Inggris ini lebih ringkas hanya 86 halaman. Edisi lengkap buku ini diambi dari buku Hasan Tiro; Jalan Panjang Menuju Damai Aceh yang ditulis oleh Murizal Hamzah dengan editor M Adli Abdullah,” kata Direktur Bandar Publishing, Mukhlisuddin Ilyas, Sabtu (22/9/2018) di Banda Aceh.

Mukhlisuddin menjelaskan, buku biografi Hasan Tiro edisi bahasa Inggris berjudul Why Aceh Opposed Indonesia: A Short Biography of the Founder of ASNLF Hasan Tiro diterjemahkan oleh Dr. Pamela Allen, dosen di University of Tasmania Australia.

Menurutnya, buku ini menyajikan hal-hal penyebab perlawanan di Aceh yang dilakukan oleh Aceh Merdeka.

“Ini buku cocok untuk referensi bagi ilmuwan. Buku ini ditujukan kepada intelektual nasional dan asing. Karena selama ini buku-buku bertema Aceh mayoritas ditulis oleh peneliti asing dalam bahasa Inggris,” sebut Mukhlis.

CEO Bandar Publishing ini menguraikan keberadaan buku dalam bahasa Inggris ini bisa memberi pemahaman lain cara menguak sebab-sebab terjadinya perang di Aceh sejak 1976-2005. Buku tersebut, menurutnya, menjadi sebagai saksi sejarah konflik Aceh.

“Mayoritas penulis menyatakan perlawanan yang dipimpin oleh Hasan Tiro karena dipicu masalah ekonomi. Sebaliknya di buku ini diuraikan bahwa perjuangan tersebut karena ideolog etnonasionalisme yang digerakkan Hasan Tiro yang sudah hidup mapan di Amerika Serikat pulang bergerilya bertema derita,” terang Mukhlisuddin.

Lebih lanjut, sebutnya, untuk sementara pembelian buku Hasan Tiro edisi bahasa Inggris itu bisa berkunjung ke toko Bandar di Desa Lamgugob, Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh. Awal bulan Oktober buku ini juga akan beredar di jaringan Gramedia.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads