Kemenag Aceh buka 1.240 Formasi CPNS Khusus Guru

Saifuddin

Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh rencana akan membuka formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sebanyak 1.250 formasi yang akan ditempatkan di seluruh Kabupaten dan Kota di Wilayah Provinsi Aceh.

Informasi tersebut di sampaikan Kakanwil Kemenag Aceh Daud Pakeh melalui Kabag Tata Usaha H. Saifuddin, SE di sela-sela pemantauan kesiapan Debarkasi Aceh di Banda Aceh, Kamis (13/09).

“Berdasarkan surat dari Sekretariat Jenderal Kementerian Agama RI No.P-25231/B.II/2/kp.01.1/9 yang ditandatangani Kepala Biro Kepegawaian Kemenag RI, bahwa formasi kebutuhan PNS di Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh sebanyak 1.250 formasi yang akan ditempatkan di seluruh Kabupaten dan Kota se Aceh,” Kata Saifuddin.

Saifuddin juga menjelaskan dari 1.250 formasi yang akan dibuka, sebanyak 1.240 untuk formasi guru, 4 formasi Penghulu, 4 formasi Jabatan Fungsional Tertentu dan 1 Fungsional Umum. Dalam formasi tersebut termasuk 37 formasi untuk kaum disabilitas dan 17 formasi untuk putra/putri papua dan papua barat serta 10 formasi untuk olahragawan berprestasi.

“Alhamdulillah dari 17.175 formasi Kemenag RI, Kanwil Kemenag Aceh mendapat alokasi 1.250 formasi. Kita patut bersyukur atas alokasi tersebut dan kita juga sangat berterimakasih kepada BapaK Menag melalui Setjen dan Biro Kepegawaian atas pengalokasian formasi PNS di Kanwil Kemenag Aceh,” ungkapnya.

“Secara rinci nanti dapat dilihat pada saat keluar pengumuman penerimaan CPNS pada tanggal 16 mendatang ini,” tambah Saifuddin.

Oleh karenanya, Saifuddin mengingatkan kepada calon pelamar untuk dapat mulai mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan seperti foto kopi ijazah dan traskrip nilai yang sudah telegalisir serta dokumen lainnya.

“Kita harapkan semua dokumen-dokumen sudah mulai disiapkan dari sekarang, sehingga saat dibuka pendaftaran nanti semuanya sudah siap,” Kata Saifuddin.

Lebih lanjut Saifuddin mengatakan pendaftaran akan dibuka secara online melalui situs sccn.bkn.go.id mulai dari tanggal 19 September hingga 09 Oktober 2018 mendatang.

Selama proses pendaftaran yaitu mulai dari tahapan pendaftaran hingga pengumumam kelulusan, Saifuddin menegaskan tidak dipungut biaya apapun dan kalau ada oknum yang meminta uang mengatasnamakan pejabat Kementerian Agama, Saifuddin meminta agar dapat dilaporkan ke Kanwil Kemenag Aceh.

“Jadi dalam penerimaan CPNS tidak dipungut biaya apapun, jadi jangan percaya kalau ada pihak-pihak yang meminta uang untuk urusan jadi CPNS, apalagi ada yang mengatasnamakan pejabat kementerian agama, tolong dilaporkan kepada kami” Pungkas Saifuddin.