Aceh Tengah Padukan Objek Wisata dan Kopi Pada GAMI Festival 2018

GAMI Festival 2018 : Momentum Pembangunan Ekonomi Wilayah Gayo

Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar menyatakan event Gayo Alas Mountain Internasional Festival (GAMIFest) 2018 akan dijadikan sebagai momentum jangka panjang pembangunan ekonomi kawasan dataran tinggi “Gayo” tersebut.

Shabela mengatakan pihaknya telah melakukan berbagai persiapan termasuk kesiapan anggaran dalam mendukung kegiatan GAMIFest 2018 tersebut.

Salah satu persiapan jangka panjang dalam mewujudkan pembangunan di wilayah Tengah Aceh tersebut yang dilakukan Pemkab Aceh Tengah adalah memberdayakan masyarakat bidang pariwisata sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat di masa mendatang.

Sementara itu dalam menyambut event Gayo Alas Mountain Internasional Festival (GAMIFest) 2018. lanjut Shabela, pemerintah Kabupaten Aceh Tengah akan memadukan objek wisata, kopi, atraksi budaya dan kerawang Gayo .
Ia menjelaskan dalam event yang bertujuan sebagai pintu masuk dalam mendorong percepatan pembangunan kawasan di poros tengah Aceh tersebut, pihaknya juga akan meningkatkan promosi objek wisata yang ada di daerah setempat seperti danau laut tawar.

“Kita juga akan memanfaatkan kegiatan ini untuk mempromosikan Kampung Kopi dan juga Kampung Kerawang,” katanya.

Pihaknya meyakini kegiatan GAMIFest 2018 yang diselenggarakan di empat kabupaten/kota di kawasan Tengah Aceh meliputi Kabupaten Aceh Tengah, Kabupaten Bener Meriah, Kabupaten Gayo Lues dan Kabupaten Aceh Tenggara akan memberikan dampak positif untuk semua sektor.

Sebelumnya, Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh menyatakan Gayo Alas Mountain International Festival 2018 atau GAMI Festival akan menampilkan beragam atraksi.

“Tujuan utama penyelenggaraan GAMI Festival 2018 adalah sebagai pintu masuk dalam mendorong percepatan pembangunan kawasan di poros tengah melalui kegiatan kepariwisataan, kebudayaan dan pertanian, khususnya agroindustry,” kata Plt Kadisbudpar Aceh, Amiruddin.

Ada pun ragam atraksi yang akan ditampilkan tersebut meliputi Destination Photo Contest, Opening Ceremony, Tarian Massal, Pawai Budaya Gayo Alas, Pentas Wonderful Gayo Alas, Handicraft and Photo Expo, Coffee and Culinary Festival, Lomba Perahu Tradisional dan Jet Ski Exhibition.

Selanjutnya Paramotor Show, Camping 100 Tenda, Festival Panen Kopi, Expedisi Burni Telong, Takengon Rafting, Aceh Bike Cross Country, Gathering Pesona Indonesia, Pacu Kuda Tradisional, Aceh Trail Adventure, Festival Agara, Wisata Arung Jeuram, Pelatihan Pariwisata dan atraksi wisata menarik lainnya.

Amiruddin yang turut didampingi Koordinator Kegiatan GAMI Festival 2018, Rahmadhani mengatakan atraksi wisata seni budaya dataran tinggi Gayo – Alas bertema “The Power of Nature” akan digelar tanggal 14 September sampai dengan 24 November 2018 di Lapangan Musara Alun, Takengon, Kabupaten Aceh Tengah.

Kegiatan tersebut akan berlangsung di empat kabupaten di kawasan tengah Aceh yakni Kabupaten Aceh Tengah, Kabupaten Bener Meriah, Kabupaten Gayo Lues dan Kabupaten Aceh Tenggara.