Harga Daging Meugang di Banda Aceh Rp150 Ribu Perkoligram

Meugang di Aceh/Antara

Harga daging sapi pada hari “meugang” (hari pemotongan hewan) Lebaran Idul Adha 1439 Hijriah di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar, mencapai Rp150 ribu per kilogram.

“Harga daging sapi yang dijual pada meugang pertama dan hari meugang kedua naik dibanding hari biasanya, ini disebabkan harga beli di tingkat peternak naik sehingga berpengaruh terhadap harga jual,” kata Darman, salah seorang pedagang daging di Pasar Tradisional, Peunayong, Banda Aceh, Selasa.

Ia menjelaskan kenaikan harga jual daging sapi tersebut disebabkan oleh peningkatan harga beli sapi dari daerah penghasil ternak yang berdampak terhadap harga jual di pasaran dengan harga Rp150 ribu per kilogram. Padahal hari biasa harga daging sapi hanya Rp130 ribu per kilogram.

“Jika dibanding dengan hari biasa ada kenaikan harga Rp20 ribu per kilogram,” katanya.

Hal senada juga disampaikan Abdullah pedagang daging di kawasan Aceh Besar. Ia mengatakan harga jual daging sapi dijual Rp150 ribu per kilogram atau naik dari hari biasanya.

“Harga daging yang dijual pada meugang pertama dan kedua sama. Daging yang kami jual ini merupakan kualitas terbaik,” katanya. Antara