FISIP UIN Ar-Raniry Gelar Yudisium Perdana

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan (FISIP) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry untuk pertama kalinya menggelar yudisium bagi alumninya.

Ini merupakan yudisium perdana dengan meluluskan 25 sarjana strata satu (S1), yudisium tersebut dilaksanakan, Senin (20/8/2018) di Aula Lantai 3 Gedung Rektorat Kampus UIN Ar-Raniry Darussalam.

Wakil Dekan bidang Akademik dan Kelembagaan, Muhammad Thalal, Lc, M.Si., M.Ed selaku kuasa Dekan FISIP UIN Ar-Raniry mengatakan, yudisium ini merupakan yang perdana sejak FISIP didirikan sejak April 2014 silam, setelah alih status IAIN menjadi UIN Ar-Raniry pada tahun 2013.

“FISIP memiliki dua prodi, yakni Ilmu Administrasi Negara dan Ilmu Politik, Alhmadulillah walaupun belum ada alumni, FISIP telah mendapat akreditasi “B”, kami menyampaikan terima kasih kepada pimpinan terdahulu, kami menargetkan untuk memperoleh akreditasi “A” di masa mendatang,” ujarnya.

Ditambahkan, yudisium ini merupakan pengukuhan bagi mahasiswa yang telah menyelesaikan seluruh kewajiban akademik, oleh karena itu kepada mereka berhak memakai gelar akademik sarjana administrasi publik (S.AP) bagi lulusan IAN dan sarjana ilmu politik (S.IP) bagi lulusan ilmu politik.

Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Ade Irma, B.H.Sc., M.A dalam laporan panitia menyebutkan, yudisium perdana FISIP UIN Ar-Raniry berhasil meluluskan 16 sarjana strata satu (S1), dengan rincian 9 orang dari prodi Aministrasi Negara dan 7 orang dari prodi Ilmu Politik.

Pascasarjana UIN Ar-Raniry Yudisium 6 Doktor dan 64 Magister

Sementara itu Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh kembali meluluskan 70 alumni, yang terdiri dari enam doktor (S3) dan 64 magister (S2), Yudisium Semester Genap T.A 2017/2017 tersebut digelar di Aula Lantai 3 Gedung Pascasarjana kampus setempat, Senin (20/8/2018).

Wakil Direktur Pascasarjana, Dr. Agusni Yahya, MA menyebutkan bahwa Pascasarjana UIN Ar-Raniry tahun 2018 ini kembali meluluskan 70 alumni, enam orang doktor lulus dengan predikat cumlaude satu orang dan sangat baik lima orang, sementara untuk 64 orang magister, mereka lulus dengan predikat sangat baik berjumlah 63 (98,4 persen) dan hanya satu orang yang lulus dengan predikat baik.

Agusni menyebutkan, dengan bertambah 70 alumni, maka Pascasarjana UIN Ar-Raniry sampai saat ini telah meluluskan 1.606 alumni, terdiri dari 88 doktor dan 1.518 magister.

Direktur Pascasarjana UIN Ar-Raniry, Prof. Dr. H. Mukhsin Nyak Umar, MA mengatakan bahwa yudisium merupakan pengukuhan kelulusan seorang mahasiswa yang dianggap telah memenuhi syarat kelulusan pada suatu program studi baik ditingkat doktor maupun magister, semoga ilmu yang telah diperoleh selama dibangku kuliah dapat dipraktikkan pada lembaga atau tempat pengabdiannya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads