Ada Kerangka Manusia Purba di Anjungan Aceh Tengah

Kontingan Kabupaten Aceh Tengah memamerkan duplikat kerangka manusia purba yang diperkirakan berumur sekitar 7.000 tahun pada anjungan kabupaten setempat di Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-7 di Banda Aceh.

“Ini merupakan duplikat dari kerangka manusia purba yang ditemukan di gua Ceruk Mandale, Kampung Mandale, Kecamatan Kebayakan, Kabupaten Aceh Tengah,” kata Ketua Panitia PKA ke-7 Kabupaten Aceh Tengah, Uswatudin di Banda Aceh, Senin.

Ia menjelaskan dalam pameran PKA ke-7 tersebut, Kabupaten Aceh Tengah ingin menampilkan sesuatu yang berbeda dari kabupaten lainnya salah satunya adalah duplikat manusia purba.

Menurut dia untuk menampilkan benda bersejarah yang berasal dari Kabupaten Aceh Tengah tersebut pihaknya sebelumnya telah meminta persetujuan dari Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar.

“Kita telah menyampaikan permintaan untuk membawa duplikat ini ke PKA ke-7 di Banda Aceh guna memperkenalkan akan sejarah yang ada di Aceh Tengah dan Alhamdulillah Bupati Aceh Tengah memberikan izin,” katanya.

Koordinator Pameran budaya, Sukmawati mengatakan selain menampilkan duplikat manusia purba, pihaknya juga memamerkan alat pertanian, maket serta seni dan budaya di kabupaten penghasil kopi arabica tersebut.

Menurut dia hingga saat ini ada sekitar 25 ribu pengunjung yang telah datang ke anjungan Kabupaten Aceh Tengah di Pekan Kebudayaan Aceh ke-7 yang berlangsung di Taman Ratu Safiatuddin, Banda Aceh. Ant

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads