Tempat Rehabilitasi Sosial Sangat Minim di Aceh

Dinsos Aceh Gelar Rakor Rehabilitasi Sosial

Dinas Sosial Aceh menggelar rapat koordinasi (Rakor) program rehabilitasi sosial 2018 di Hotel Hermes, Banda Aceh, Selasa (7/8/2018).

Acara yang diikuti oleh 50 peserta yang merupakan perwakilan dari Dinas Sosial dan Bappeda kabupaten/kota se Aceh dibuka oleh Kepala Dinas Sosial Aceh Alhudri.

Dalam sambutannya, Alhudri mengatakan, Dinas Sosial Aceh terus berkomitmen untuk mendorong upaya keberfungsian sosial, pemenuhan hak dan kehidupan yang bermartabat bagi para penyandang masalah kesejahteraan sosial di Aceh.

“Oleh karena itu saya beranggapan bahwa kegiatan ini penting dilaksanakan untuk dapat mendorong dan meningkatkan peran Dinas Sosial Aceh dan Dinas Sosial di kabupaten/kota dalam mencapai tujuan tersebut,” katanya.

Sebab, kata Alhudri, saat ini kasus-kasus ketelantaran terhadap anak, lanjut usia, penyandang disabilitas dan tuna sosial sangat marak terjadi. Kejadian ini terjadi di lintas kabupaten/kota serta lintas provinsi. Mereka membutuhkan tempat pelayanan rehabilitasi.

“Namun saat ini ketersediaan pusat-pusat pelayanan rehabilitasi sosial masihlah sangat minim, baik di tingat provinsi maupun di kabupaten/kota,” katanya.

Untuk itu Alhudri memandang penting rakor ini untuk memetakan sumber daya yang ada untuk dimanfaatkan dalam rangka menyelesaikan masalah tersebut.

“Saya berharap, dengan terlakasananya kegiatan koordinasi program rehabilitasi sosial ini, banyak hal yang baru yang dapat kita laksaakan bersama demi untuk menyelesaikan permasalahan kesejahteraan sosial yang ada di provinsi Aceh,” harapnya.

Sementara itu Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Aceh, Devi Riansyah mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah untuk mereview dan mensinergikan program rehabilitasi sosial, serta menginformasikan kebijakan-kebijakan dan program kegiatan bidang rehabilitasi sosial.

“Selain itu untuk memformulasikan program kegiatan rehabilitasi sosial untuk tahun selanjutnya,” kata Devi.

Acara ini menghadirkan tiga pemateri, masing-masing Sekretaris Dirjen Rehabilitasi Sosial Kementrian Sosial RI, Dr. Kanya Eka Santi, Sekretaris Bappeda Aceh Dr. Zulkifli dan dari Dinas Sosial Aceh yang diisi oleh Devi Riansyah.