Plt Gubernur : TNI Berperan Dorong Pengentasan Kemiskinan di Aceh

Panglima TNI tiba di Meuligoe Wali Nanggroe/Iq

Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah berharap dengan adanya pemberian penghargaan gelar adat “Seri Lila Wangsa” dari Lembaga Wali Nanggroe Aceh kepada Panglima TNI dapat memperkuat hubungan yang lebih erat antara elemen masyarakat Aceh dan TNI.

Nova menyebutkan, sesuai amanat Qanun Aceh Nomor 8 tahun 2012, Wali Nanggroe merupakan lembaga pimpinan adat yang mempersatukan masyarakat Aceh yang juga berhak memberikan gelar adat kepada para tokoh yang dianggap pantas mendapatkan penghargaan tersebut.

“Hari ini, Wali Nanggroe Aceh telah memberi gelar “Seri Lila Wangsa” Kepada Bapak panglima, yang merupakan penghargaan tertinggi kepada pimpinan angkatan bersenjata atas perannya mempertahankan kedaulatan bangsa,” ujar Nova disela-sela pemberian gelar adat kepada Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Sabtu (04/08) di Meuligoe Wali Nanggore.

Dihadapan Wali Nanggroe dan Panglima TNI, Nova menyebutkan bahwasanya kondisi keamanan di Aceh saat ini sangat kondusif sehingga tugas-tugas pembangunan berjalan lancar.

Selain itu kata dia, hubungan antara TNI dan rakyat Aceh juga semakin erat. Apalagi menurutnya, TNI tidak hanya memainkan peran dalam mengawal pertahanan dan keamanan negara, tapi juga turut mendorong upaya pengentasan kemiskinan di daerah ini. Salah satunya, adalah peran TNI dalam penguatan program pertanian di beberapa kawasan di Aceh.

“Dengan kondisi yang sangat damai itu, kepercayaan investor pun semakin menguat. Alhamdulillah, dari tahun ke tahun investasi yang masuk ke Aceh terus meningkat,” lanjut Nova.

Selain sektor pertanian, kata Nova, TNI juga sangat mendukung upaya menyukseskan program KB, program pariwisata, dan berperan dalam membuka jalan-jalan baru di kawasan pedalaman Aceh.

“Yang saat ini sedang berjalan adalah peran TNI dalam membangun jalan yang menghubungkan Kota Jantho, Aceh Besar dan Lamno di wilayah Aceh Jaya,” ujarnya lagi.