Menteri ATR/BPN dan Plt Gubernur Aceh Sambut Kirab Obor Asian Games 2018

Menteri ATR/BPN dan Plt Gubernur Aceh Sambut Kirab Obor Asian Games 2018/Iq

Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Sofyan A Djalil menerima obor Asian Games 2018 di depan Taman Sulthanah Ratu Safiatuddin Banda Aceh, Selasa.

Menteri Agraria yang didampingi Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah dan unsur Forkopimda Aceh menerima api obor yang dibawa oleh peserta Torch Relay dari Museum Aceh dan selanjutnya dibawa ke Kantor Gubernur Aceh.

Sofyan Djalil beserta rombongan membawa api obor ke halaman kantor Gubernur Aceh yang selanjutnya diterima Plt Gubernur Aceh dan bersama-sama menyulut ke kaldron api Asian Games yang telah disiapkan.

Sebelumnya, obor pesta olahraga terbesar di Asia tersebut diterbangkan dari Banjarmasin dan tiba di Lanud Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar, menggunakan pesawat hercules TNI AU, Selasa, sekitar pukul 09.25 WIB

Di Lanud TNI AU tersebut, tim pembawa api obor Asian Games sempat menjalani prosesi adat Aceh yang dilakukan Bupati Aceh Besar Mawardi Ali serta pejabat lainnya.

Selanjutnya, dari Lanud Sultan Iskandar Muda, obor tersebut dibawa ke Museum Aceh. Di Museum Aceh, Bupati Aceh Besar Mawardi Ali menyerahkan obor tersebut kepada Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman.

Setelah beberapa saat di Museum Aceh, obor tersebut diarak dengan berlari dan dikawal polisi bersepeda motor serta komunitas motor melewati sejumlah jalan protokol di Banda Aceh.

Adapun ruas jalan dilalui di antaranya ruas jalan depan Pendopo Gubernur Aceh, kawasan Blangpadang, jalan depan Masjid Raya Baiturrahman, Simpang Lima hingga Kantor Gubernur Aceh.

Pada kesempatan itu Sofyan A Djalil mengajak masyarakat Indonesia untuk menujukkan kepada dunia bahwa Indonesia adalah Negara besar, Indonesia adalah Negara yang tertib, Negara yang penuh dengan keberagaman, sehingga pengunjung Asian Game akan kembali ke Negaranya dengan citra yang baik terhadap Indonesia.

“Kita berdoa dan kita harapkan Asian Games ini akan memberikan manfaat besar kepada bangsa Indonesia, teruama pengembangan olahraga di Indonesia,” ujarnya.

Sofyan juga menyampaikan rasa bangganya atas penerimaan masyarakat Aceh terhadap Relay Torch Asian game 2018.

“Kita harapkan Indonesia sebaga tuan rumah bisa mendapatkan piala yang memadai, sehingga membanggakan kita sebagai tuan rumah. Dan dari sisi cabang olahraga mereka terus mempersiapkan diri,” pungkasnya.