Irwandi Yusuf : Steffy Burase Sebatas Teman

Fenny Steffy Burase keluar dari gedung KPK didampingi pengacara setelah diperiksa selama 12 jam, Rabu (18/7). (Ari Saputra/detikcom)

Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf menjelaskan soal hubungannya dengan Fenny Steffy Burase. Menurutnya, relasi mereka hanya teman.

“Dia perannya sebagai tim ahli dalam maraton Aceh. Kedekatannya sebatas teman,” ujar Irwandi di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (19/7/2018).

Senada dengan pernyataan Steffy, keduanya baru saling mengenal tahun lalu. Steffy sendiri merupakan tim ahli dalam Aceh Marathon 2018.

“(Kenal Steffy) sejak Agustus 2017,” kata dia.

Sebelumnya, Steffy juga memberi klarifikasi soal hubungannya dengan orang nomor 1 di Aceh itu. Hubungan mereka sebatas hubungan kerja profesional.

“Saya punya hubungan kerja dengan beliau dan sangat profesional. Terlepas dari apa pun gosip, saya kira itu biar orang saya yang bercerita, tapi bagi saya, saya sudah klarifikasi, saya dengan beliau benar-benar hubungan kerja,” ucap Steffy, Rabu (18/7).

KPK telah memeriksa Steffy dalam kasus suap penyalahgunaan Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) yang menjerat Irwandi. Dari perempuan itu, KPK menelusuri soal aliran dana dalam kasus ini.

Steffy merupakan salah satu saksi yang dicegah bepergian ke luar negeri. Selain itu, rekeningnya juga sudah dimintakan KPK untuk diblokir.

Irwandi ditetapkan sebagai tersangka penerima suap terkait setoran Bupati Bener Meriah sebagai ijon proyek yang dibiayai DOKA. Duit suap Rp 500 juta diduga akan digunakan untuk kegiatan Aceh Marathon 2018. detik