Pakai Braille, Caleg Tunanetra di Aceh Ikut Tes Baca Alquran

Syeh Ali Jaber membagikan Al-Qur'an Braille/antara

Satu bacaleg tunanetra (disabilitas) dari Partai Bulan Bintang (PBB) di Banda Aceh mengikuti tes kemampuan baca Alquran. Bacaleg bernama Hamdanil ini membaca Alquran braille yang disiapkan Komisi Indpenden Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh.

Uji kemampuan baca Alquran ini digelar di Kantor KIP Kota Banda Aceh, Aceh, Rabu (18/7/2018). Para Bacaleg ini hadir ke lokasi sesuai jadwal partai masing-masing. Dari semua Bacaleg yang diuji kemampuan baca Alquran, satu orang di antaranya merupakan disabilitas.

“Sampai hari ini, hari keempat dan hari terakhir tes baca Alquran, 90 persen dari Caleg sudah dites. Dari jumlah itu satu di antaranya caleg disabilitas, tentunya kami sebagai penyelenggara juga menyiapkan Alquran braille,” kata Komisioner KIP Kota Banda Aceh Hasbullah kepada wartawan, Rabu (18/7/2018).
Baca juga: Ramai-ramai Cari Surat Keterangan Waras dari RSJ untuk Nyaleg

Menurutnya, uji kemampuan baca Alquran ini berlaku untuk semua Bacaleg DPR Kota Banda Aceh. Prosesnya pun, kata Hasbullah, dilakukan secara transparan.

“Ini kita lakukan semua secara adil, dan transparan,” jelasnya.

Uji kemampuan baca Alquran ini berlangsung hingga Rabu dinihari. Selain di KIP Kota Banda Aceh, uji kemampuan baca Alquran juga digelar di KIP seluruh Aceh dan KIP Aceh untuk Bacaleg DPRA. Tes ini menjadi salah satu syarat agar Bacaleg dapat mengikuti Pemilu 2019 mendatang. Detik