Langsa Ditetapkan Sebagai Tuan Rumah Harganas ke 25 Tingkat Provinsi Aceh

Kepala BKKBN Aceh Sahidal Kastri

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BkkbN) Aceh, Sahidal Kastri, mengatakan, bahwa peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-25 Tahun 2018 Tingkat Provinsi Aceh akan belangsung di Kota Langsa dari 31 Agustus hingga 2 September 2018 mendatang.

Hal itu disampaikan Sahidal, Senin (16/07), selesai memimpin rapat bersama pejabat administrator dan pengawas di ruang rapat setempat di Banda Aceh.

Kesepakatan ini hasil rapat bersama BkkbN dengan Pemerintah Kota (Pemko) Langsa yang dipimpin Wakil Walikota, Dr. Marzuki Hamid, MM, dan dihadiri KSPK, BUMN, BUMD, dan Perbankan, beberapa waktu lalu.

“Alhamdulillah, hasil rapat bersama beberapa waktu lalu di Langsa, sudah disepakati beberapa rangkaian kegiatan, juga tanggal pelaksanaannya. Harganas tingkat Provinsi Aceh yang direncanakan di Kota Langsa puncak peringatannya pada 2 September yang Insyaa Allah akan dihadiri Plt Kepala BkkbN Pusat dan Plt Gubernur Aceh,” ujar Sahidal.

Sahidal menyebutkan, dalam pelaksanaan Harganas tingkat Provinsi Aceh akan melibatkan beberapa SKPA dan SKPK yang terkait terutama yang berkaitan langsung dengan pemberdayaan masyarakat dan juga yang berhubungan dengan peningkatan keimanan dan akhlak, seperti Dinas Syariat Islam, Kementrian Agama, Dinas Pendidikan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong, dan dinas lainnya.

Menurut Sahidal, hal ini karena berkaitan dengan kegiatan yang ada di Kampung KB sebagaimana yang diharapkan BkkbN, ada 8 Pokja yang harus ada Gampong KB sebagaimana 8 fungsi keluarga.

“Salah satu kegiatan yang ingin kita laksanakan nanti adalah lomba pemahaman dan pelaksanaan syariat Islam di Rumah Tangga berupa lomba cerdas cermat keluarga yang terdiri dari Ayah, Ibu dan anak. Begitu juga nanti akan ada Seminar Keluarga Sakinah di IAIN Cut Kala Kota Langsa, pelayanan KB perbatasan antara Provinsi Sumut dan Aceh di Kabupaten Aceh Tamiang, flasmop GenRe, dan kegiatan lainnya,” kata Sahidal lagi.

Sementara itu Wakil Walikota Langsa, Marzuki Hamid, mengatakan, dengan dipercayakan Kota Langsa sebagai tuan rumah peringatan Harganas ke-25 Tahun 2018 tingkat provinsi akan membantu meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Kegiatan provinsi maupun nasional yang digelar di kota kami, sangat membantu meningkat perekonomian masyarakat. Terimakasih BkkbN karena sudah mempercayakan Kota Langsa kali ini sebagai tuan rumah peringatan Harganas ke-25 Tahun 2018 tingkat provinsi yang akan berlangsung selama 3 hari, dari 31 Agustus hingga 2 September akan datang,” tambah Marzuki.