Gajah Jinak di Aceh Tewas Diracun, Gadingnya Hilang

Gajah sumatera mati kehilangan gading/viva

Seekor gajah jinak bernama Bunta dibunuh di CRU Serbajadi, Aceh Timur, Aceh. Satu gading satwa dilindungi tersebut hilang.

“Pelaku diduga membunuh gajah tersebut dengan memasukkan racun dalam makanan. Tim saat ini sedang melakukan penyelidikan,” kata Kapolres Aceh Timur AKBP Wahyu Kuncoro, Minggu (10/6/2018).

Pembunuhan gajah jantan tersebut dilakukan pada Sabtu (9/6) kemarin sekitar pukul 08.00 WIB. Polisi menduga pelaku datang ke CRU Serbajadi dan selanjutnya memberikan pisang dan mangga yang sudah ditaruh racun ke gajah.

Setelah hewan bertubuh besar ambruk, pelaku kemudian memotong pipi gajah untuk diambil gading. Aksi pembunuhan gajah jinak ini baru diketahui setelah mahout (pawang gajah) datang ke lokasi.

“Pada saat mahout sampai ke lokasi ia melihat gajah sudah mati dan salah satu gadingnya hilang,” jelas Wahyu.

Usai kejadian, mahout membuat laporan. Polisi dan petugas BKSDA meluncur ke lokasi untuk melakukan penyelidikan. Saat ini, lokasi CRU sudah dijaga selama 24 jam.

“Saya sudah instruksikan pengawasan 24 jam ke semua CRU dan PLG,” kata Kepala BKSDA Aceh Sapto Aji Prabowo, kepada wartawan terpisah. Detik