Ratusan Calon Pelajar SMA Uji Baca Al Quran

Tes baca Alquran/Antara

Ratusan calon siswa sekolah menengah atas (SMA) di Banda Aceh mengikuti uji baca Al Quran sebagai syarat kelulusan.

Uji baca Al Quran berlangsung di SMA Negeri 4 Banda Aceh, Selasa, yang dilakukan di beberapa kelas di sekolah yang dikenal dengan SMA DKI Jakarta tersebut.

Kepala SMA Negeri 4 Banda Aceh Bakhtiar mengatakan, uji baca Al Quran diikuti 374 peserta. Mereka merupakan lulusan sekolah menengah pertama atau SMP.

“Uji baca Al Quran ini dilakukan sesuai dengan pelaksanaan syariat Islam dan merupakan satu dari beberapa syarat kelulusan,” kata Bakhtiar menyebutkan.

Bakhtiar menambahkan, proses uji baca Al Quran dilakukan tidak terlalu ketat. Setiap peserta diberitahukan jadwal kapan mereka akan menjalani uji baca Al Quran.

Setiap peserta, sebut Bakhtiar, diberikan waktu beberapa menit untuk membaca Al Quran. Bagi peserta yang berhalangan hadir, seperti karena sakit, masih diberikan kelonggaran untuk mengikuti tes pada hari berikutnya

“Uji baca Al Quran ini hanya diperuntukkan bagi peserta muslim. Sedangkan bagi nonmuslim, kami undang pendetanya untuk tes keagamaan. Namun, untuk tahun ini semuanya muslim,” sebut Bakhtiar

Terkait penguji, Bakhtiar mengatakan, penguji berasal dari guru agama dan guru bidang studi lainnya. Tes dilakukan untuk mengetahui apakah calon anak didik tersebut mampu baca Al Quran.

“Selain uji baca Al Quran, ada juga tes beberapa mata pelajaran di antaranya bahasa Indonesia, matematika, IPA, dan IPS. Dari 374 peserta yang ikut tes, yang diterima hanya 220 siswa,” sebut Bakhtiar. Antara