Tuntaskan Permasalahan Kependudukan, TNI dan BkkbN Gelar Bakti Sosial TNI Manunggal KB Kesehatan

Dandim 0106/Ateng-BM, Letkol Inf Hendry Widodo menyebutkan, sinergitas antara TNI dengan BkkbN yang sudah berjala lama, diharapkan bisa meningkatkan derajat kesehatan masyarakat guna mendukung Program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

Untuk itu kata Dandim diperlukan upaya dan dukungan secara terus menerus dari semua unsur terkait.

“Penduduk adalah aset yang paling penting untuk menentukan maju mundurnya suatu bangsa, sehingga aspek kualitas dan kuantitas menjadi sangat berharga dalam perhatihannya oleh pemerintah. TNI mengambil peran untuk ikut mensosialisasikan serta membantu pemerintah guna mengendalikan laju pertumbuhan penduduk sehingga dapat seimbang dengan ketersedian pangan dan energi,” ujarnya.

Hal demikian disampaikan Dandim pada Bakti Sosial TNI Manunggal KB Kesehatan semester I Tahun 2018 kerjasama antara TNI dan OPD KB Kabupaten Bener Meriah. Kegiatan itu mengambil tema “Melalui kegiatan KB Kesehatan, Kita Wujudkan Sinergisitas Antara TNI, Pemerintah dan BkkbN dalam Usaha, Peningkatan Kualitas Kesehatan Guna Meningkatkan Taraf Hidup Dan Kesejahteraan Masyarakat di Daerah”.

Kegiatan yang digelar di halaman SD Negeri 2 Lampahan itu dibuka oleh Bupati Bener Meriah, Ahmadi, dan dihadiri Dandim 0106/Aceh Tengah-Bener Meriah, Letnan Kolonel Inf. Hendry Widodo, Ketua TPK PKK, Ketua Dharma Wanita, Ketua Pesib Kodim 0106/ Aceh Tengah-Bener Meriah, dan Kepala OPD KB, Halimah.

Dalam sambutannya Dandim 0106/Ateng-BM, Letkol Inf Hendry Widodo mengatakan, kegiatan TMKK tersebut merupakan kemanunggalan TNI dengan BkkbN yang tujuan utama wujud pembinaan teritorial dari Kodim Ateng-BM dalam rangka percepatan dan peningkatan pembangunan guna menuntaskan permasalahan kependudukan, dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang unggul dengan cara pengedalian laju jumlah penduduk.

“Jika jumlah penduduk yang besar bisa menjadi aset jika dibarengi dengan kualitas. Namun jika jumlah penduduk besar namun tidak memiliki kualitas sumber daya manusianya, bisa menjadi boomerang bagi kita,” kata Dandim dalam pidato sambutannya.

Sementara itu, Bupati Bener Meriah, Ahmadi mengatakan, acara tersebut merupakan kegiatan yang bernilai positif bagi masyarakat dan telah rutin di lakukan dalam setiap tahun, yaitu TNI Manunggal KB-Kes.

Selain itu, menurut Ahmadi kegiatan tersebut juga sebagai wujud peningkatan kerja sama antara TNI dengan jajaran pemerintah daerah serta masyarakat untuk menambah pemahaman dan kepedulian bersama terhadap keluarga yang sehat, bahagia, dan sejahtera.

“Ini sebagian kecil program pemerintah yang menyetuh masyarakat, semoga kegiatan bakti sosial KB-Kes ini bisa membantu meringankan masyarakat. Semoga kegiatan ini bisa terus kita lakukan setiap tahunnya dengan berbagai kegiatan bakti sosial lainnya,” harapnya.

Kegiatan Bakti Sosial KB-Kes antara TNI dan BkkbN Semseter I Tahun 2018 di Kabupaten Bener Meriah memberi pelayanan KB kepada 60 aseptor dan pemeriksaan kesehatan gratis kepada masyarakat, juga dilakukan sunat massal.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads