Pemerintah Aceh Ucapkan Belasungkawa Kepada Tan Sri Sanusi Junid

Mulyadi Nurdin

Pemerintah Aceh menyampaikan rasa duka cita yang mendalam atas berpulangnya ke Rahmatullah Tan Sri Sanusi Junid, tokoh Malaysia keturunan Aceh, menjelang subuh, Jumat (09/03/2018) di Kuala Lumpur, Malaysia.

Duka cita atas meninggalnya Mantan Menteri Besar Kedah Malaysia itu disampaikan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf,  sebagaimana dikutip dari Kepala Biro Humas Pemerintah Aceh Mulyadi Nurdin,  Jumat (09/03/2018).

Mulyadi Nurdin mengatakan, Pemerintah Aceh merasa sangat kehilangan tokoh berdarah Aceh Besar kelahiran 1943 itu, yang selama ini aktif dalam kancah perpolitikan di Malaysia.

Sanusi merupakan Menteri Pembangunan Luar Bandar dan Wilayah periode 1981-1986 dan pernah memegang jabatan sebagai Timbalan (Wakil) Menteri Dalam Negeri Malaysia sejak 1980 hingga 1981.

Sanusi Junid sempat bergabung bersama partai besar UMNO, sebelum akhirnya bergabung dengan partai bersatu yang digagas oleh Mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad. Selama hidupnya, Sanusi juga dipercayakan menjabat sejumlah jabatan penting lainnya, dan puncaknya sebagai Menteri Besar Kedah ke-7, pada tahun 1996-1999,

“Pemerintah Aceh atas nama seluruh rakyat Aceh merasa kehilangan, karena beliau adalah tokoh Malaysia berdarah Aceh yang berperan besar dalam pemerintahan Malaysia, ” ujar Mulyadi Nurdin.