Kurangi sampah,Wali Kota Ajak Siswa Gunakan Botol Minuman

Peringati HPSN 2018

Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) bersama ratusan siswa dan sejumlah komunitas peduli sampah, Sabtu (24/2/2018) di Taman Sari, Banda Aceh.

Kepada siswa dan komunitas peduli sampah, Aminullah meminta mereka dapat menjadi duta dan lebih aktif mensosialisasikan kebersihan, minimal di lingkungan mereka masing-masing, baik sekolah maupun di gampong (Desa) masing-masing.

Kata Aminullah, sebagai kota wisata Banda Aceh harus bersih dan indah. “Percuma kita punya destinasi wisata menarik dan kuliner yang menggugah selera, kalau tidak bersih juga tidak ada yang wisatawan yang mau datang. Jadi memang kebersihan itu sangat penting,” tambah Aminullah.

Sebagaimana diketahui, sejauh ini Kota Banda Aceh sudah meraih piala Adipura sebanyak 9 kali. Dala kesempatan ini, Wali Kota bertekad Banda Aceh dapat meraihnya untuk ke 10 kali, dan meminta semua pihak untuk ikut berperan aktif dalam mewujudkan Banda Aceh yang bersih, indah dan sehat dan layak mendapatkan Adipura ke 10 kali.

Pada kegiatan yang mengusung tema ‘Sayangi Bumi dan Bersihkan Diri dari Sampah’ ini, Wali Kota dan seluruh peserta ikut mendeklarasikan Indonesia Bebas Sampah 2020.

HPSN di Taman Sari juga dimeriahkan dengan gerakan 1000 tumbler. Seluruh siswa dan peserta HPSN diajak menggunakan tumbler atau botol minuman sehat yang digunakan sehari-hari dan bisa digunakan berkali-kali.

Gerakan ini dilakukan untuk mengajak anak-anak untuk mengurangi sampah plastik dalam bentuk botol minuman.

Tampak Wali Kota dan ribuan siswa yang hadir menunjukkan tumbler yang dibawa dari rumah sebagai bagian dari kampanye mengurangi sampah plastik dalam gerakan 1000 tumbler ini.