Proyek Blok A Penting untuk Aceh

Kepala BPMA Marzuki Daham menyebutkan, proyek Blok A sangat penting untuk Pemerintah Aceh.

Bukan saja karena proyek ini akan menghasilkan pendapatan daerah yang besar, membuka lapangan kerja dan menggulirkan ekonomi lokal, tetapi juga karena proyek ini merupakan proyek besar pertama di Aceh paska perdamaian.

“Keberhasilan proyek ini akan sangat membantu Pemerintah Aceh untuk mendatangkan investor-investor besar lain ke Aceh” Ujarnya pada Kunjungan Kerja Lapangan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migas (SKK Migas) dan Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA) di Aceh Timur, Kamis, (01/02).

Menurutnya, PT Medco E&P Malaka terus berupaya memenuhi target produksi gas di Blok A, Provinsi Aceh, kwartal I, 2018. Kemajuan proyek fasilitas produksi Blok A ini, diantaranya proyek Engineering Procurement Construction (EPC)-1 telah mencapai 90% sesuai target.

Fokus utama proyek Blok A saat ini adalah menyelesaikan pembangunan fasilitas produksi yang dibantu oleh tenaga kerja lokal dengan komposisi 60% berasal dari Aceh.

Pengembangan lapangan gas Blok A untuk Lapangan Alur Rambong, Alur Siwah dan Julu Rayeu saat ini sedang berjalan untuk monetisasi gas melalui Perjanjian Jual Beli Gas (PJBG) dengan Pertamina yang ditandatangani pada Januari 2015 dengan volume gas sebesar 198 Triliun BTU selama periode 13 tahun.

Sementara, Deputi Operasi SKK Migas Bapak Fatar Yani menyebutkan, mengalirnya gas perdana dari Proyek Blok A yang dioperasikan oleh PT Medco E&P Malaka di Aceh Timur akan menambah produksi migas Aceh yang berarti juga akan menambah produksi migas Indonesia.

Herman Husein, General Manager Blok A mengatakan bahwa Pengembangan proyek Blok A merupakan upaya Perusahaan untuk meningkatkan pendapatan daerah melalui dana bagi hasil minyak dan gas bumi.

Perusahaan berharap, multiplier effect dari beroperasinya proyek Blok A dapat memberikan peluang baru bagi masyarakat diantaranya dalam bidang usaha kecil dan menengah.

“Salah satu contohnya adalah memberikan kesempatan kepada perusahaan lokal Aceh untuk mendapatkan pendampingan dari perusahaan Nasional sehingga dapat meningkatkan kemampuan teknis dan financial,” ujarnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads