Kerjasama dengan Rumah Zakat, Pertamina Tanam Mangrove di Meulaboh

PT Pertamina (Persero) melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) Bidang Lingkungan Terminal BBM Meulaboh melakukan  penanaman Mangrove di kawasan Desa Kuala Bubon, Kabupaten Aceh Barat, Meulaboh sebagai upaya menjalankan komitmen perusahaan dalam pelestarian lingkungan hidup.

Kegiatan yang diresmikan oleh Operation Head Terminal BBM Meulaboh, Rahmad Febriandi ini diharapkan mampu membuka pandangan masyarakat dan kelompok penggiat lingkungan untuk menciptakan perhatian masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan dan menciptakan ekonomi yang ramah lingkungan serta berperan nyata dalam mengurangi efek gas rumah kaca yang berpengaruh pada perubahan iklim dunia.

Oleh karena itu Pertamina melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) Bidang Lingkungan Terminal BBM Meulaboh bekerjasama dengan Rumah Zakat dan masyarakat sekitar melakukan upaya pelestasrian mangrove berupa program reklamasi mangrove dari mulai pembibitan, penanaman, serta perawatan di area hutan mangrove.

Operation Head TBBM Meulaboh, Rahmad Febriandi menyampaikan bahwa program ini diharapkan dapat memberikan dampak secara ekonomi dan sosial diantaranya pelestarian lingkungan serta peningkatan ekonomi masyarakat melalui pendapatan olahan mangrove.

Pada periode ini,  jumlah mangrove ditanam sebanyak 100 bibit yang terdiri dari 1.000 bibit di kawasan Desa Kuala Bubon. Sebelumnya telah dibentuk 1 kelompok petani mangrove yang terdiri dari 7 orang dan melakukan pembibitan, penanaman dan merawat minimal hingga setahun ke depan untuk memastikan mangrove bisa hidup dan tumbuh.

Kedepannya program ini diharapkan mampu membuka pandangan masyarakat dan kelompok penggiat lingkungan untuk menciptakan perhatian masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan dan menciptakan nilai tambah ekonomi yang ramah lingkungan serta berperan nyata dalam mengurangi efek gas rumah kaca yang berpengaruh pada perubahan iklim dunia.