Polda Kerahkan 1.588 Pasukan Amankan Pelantikan Gubernur

Simulasi/ANTARA

Kepolisian Daerah (Polda) Aceh mengerahkan sebanyak 1.588 personel untuk mengamankan pelantikan dan sumpah jabatan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf dan Wakil Gubernur Nova Iriansyah, Rabu (5/7) di DPR Aceh, Banda Aceh.

“Personel yang akan mengamankan pelantikan dan sumpah jabatan serta pisah sambut Gubernur Aceh ada yang dari Polda Aceh dan juga dari Polresta Banda Aceh serta dari TNI 200 personel,” kata Karo Ops Polda Aceh Kombes Pol Bambang Sukardi di DPR Aceh, Minggu.

Pernyataan itu disampaikannya usai menghadiri rapat evaluasi akhir pelantikan gubernur dan wakil gubernur terpilih yang dihadiri Ketua DPRA Muharuddin, Wakil Ketua DPRA Sulaiman Abda, Dalimi, Plh Gubernur Aceh, Dermawan dan unsur Forkopimda Aceh.

Ia menjelaskan seluruh personel yang dilibatkan tersebut tidak hanya mengamankan di Gedung DPRA tempat berlangsungnya pelantikan dan sumpah jabatan gubernur dan wakil gubernur terpilih, tapi juga kediaman, rute yang akan dilalui termasuk dengan mantan gubernur dan wakil gubernur sebelumnya serta Pendopo tempat akan dilaksanakan kegiatan pisah sambut.

“Gubernur dan Wakil Gubenur yang akan dilantik beserta gubernur dan wakil gubernur sebelumnya akan dikawal oleh Polisi dengan seragam lengkap,” katanya.

Ia menambahkan pihaknya akan melibatkan berbagai instansi terkait dalam pengamanan pelantikan dan sumpah jabatan gubernur dan wakil gubernur periode 2017-2022.

“Kami juga menempatkan delapan orang penembak jitu untuk antisipasi. Berbagai langkah yang dilakukan agar pengamanan berjalan dengan aman dan lancar. Kami juga akan menggelar pasukan dan peralatan yang akan digunakan untuk pengamanan pelatikan dan sumpah jabatan gubernur dan wakil gubernur,” katanya.

Pasangan Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah terpilih sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh periode 2017-2022, setelah meraih suara terbanyak pada Pilkada 15 Februari 2017.