Anggota Komisi VI DPRA Minta Pemerintah Buka Formasi Perawat PTT

Anggota Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat Aceh Zainal Abidin meminta pemerintah untuk membuka formasi perawat PTT.

Hal demikian disampaikan Anggota DPR Aceh dari Fraksi PKS-Gerindra, Zaenal Abidin, S.Si dalam pertemuan silaturrahmi dengan Mahasiswa Akper dan Akbid di Aula Akper Depkes di Suak Ribee, Aceh Barat.

Pertemuan dalamĀ  rangka Reses I Anggota dan Pimpinan DPR Aceh itu bertujuan menyerap Aspirasi dari masyarakat terutama insan kesehatan dihadiri oleh seluruh civitas akademika Akper dan Akbid di Suak Ribee, Aceh Barat.

Zaini mengaku mendapatkan banyak keluhan yang disampaikan oleh kalangan Perawat dalam kegiatan tersebut. Ia merincikan ada sejumlah persoalan yang harus menjadi pertimbangan pemerintah, khususnya terkait dnegan desakan untuk membuka formasi perawat PPT di daerah itu.

Alasan pertama kata Zainal, jumlah perawat di daerah itu cukup banyak, kemudian adanya keilmuan khusus perawat untuk melaksanakan asuhan keperawatan komunitas, serta untuk menyikapi angka kematian bayi.

ā€œ Selan itu banyak permasalahan kesehatan yang masih ada di daerah daerah yang membutuhkan perawat,ā€tambahnya.

Menurut Zainal, selama ini pada puskesmas-puskesmas di daerah, honor perawat bisa dikatakan tidak ada, karena menurutnya, mereka lebih dikenal dengan perawat bakti.

ā€œSehingga sangat miris jika dibandingkan dengan tugas pokok utama yang harus mereka laksanakan setiap harinya di puskesmas,ā€ujarnya lagi.

Atas dasar pertimbangan itu Anggota DPR Aceh dari Fraksi PKS menyampaikan harapannya nanti akan ada program-program khusus yang nantinya menjadikan perawat sebagai ujung tombak di desa.

ā€œKarena sasaran perawat bukan hanya satu bagian khusus tapi menyeluruh, mulai dari individu, keluarga, kelompok khusus sampai masyarakat menjadi sasaran perawat dalam asuhan keperawatan komunitas,ā€lanjutnya lagi.

Pada kesempatan itu Zainal meminta Perawat untuk dapat meningkatkan kapasitas dan kemampuan Sumber Daya Manusianya sehingga mampu untuk melaksanakan tugas dan melayani masyarakat sebagaimana tugas fungsi pokok yang telah didapatkan.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads