Apa Karya Unggul Atas Doto Zaini

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh menggelar rapat pleno terbuka  hasil penghitungan perolehan suara pasangan calon gubernur dan wakil gubernur pada Pilkada Aceh serentak tahun 2017.

Kegiatan berlangsung di Banda Aceh, Rabu (22/02), turut dihadiri Komisioner KIP Banda Aceh, Panwaslih, dan saksi dari pasangan calon. Rapat tersebut dikawal ketat pihak kepolisian.

Hasil rekap dari Sembilan kecamatan menempatkan pasangan calon gubernur/wakil gubernur nomor urut enam Irwandi-Nova sebagai peraih suara terbanyak dengan total suara sah sebanyak 54.105 suara.

Diurutan kedua disusul paslon nomor urut satu, Tarmizi-Machsalmina sebanyak 18.703 suara, kemudia paslon nomor urut lima Muzakir-TA Khalid 10.074 suara ditempat ketiga.

Selanjutnya Paslon nomor urut dua  Zakaria Saman-HT Alaidin berhasil meraih suara lebih banyak dari calon incumbent nomor urut empat Zaini-Nasaruddin. Zakaria Saman meraih 5.677, sedangkan Doto Zaini hanya 5.284 suara, dan diposisi terakhir ditempati oleh Paslon nomor urut tiga, Abdullah Puteh-Sayed Mustafa yang hanya mampu meraih 722 suara.

Ketua KIP Banda Aceh Munawarsyah mengatakan, partisipasi pemilih pada Pilkada Banda Aceh mencapai 64 persen, naik dibandingkan Pilkada 2012 yang hanya 56 persen. “Untuk partisipasi pemilih mencapai 64 persen, lebih bak dari Pilkada 2012 sebanyak 56 persen dan lebih baik dari Pilpres yang besarannya 63 persen,”ujarnya.

Munawarsyah menyebutkan hasil Pilkada Banda Aceh, khususnya untuk pemilihan gubernur akan diserahkan ke KIP Aceh untuk rekap tingkat provinsi yang dijadwalkan pada 25 Februari 2017 nanti.

Sementara itu bedasarkan hasil rekap Sembilan kecamatan di kota Banda Aceh juga diketahui bahwa Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Banda Aceh sebanyak 151.105 orang. Ditambah dengan jumlah pemilih tambahan sebanyak 328 oranag dan pemilih dengan menggunakan KTP elektronik maupun surat keterangan sebanyak 6.374 orang, sehingga total pemilih sebanyak 157.807 orang. Dari jumlah itu yang menggunakan hak pilih sebanyak 96.806 orang.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads