Raih 812 Ribu Suara, Irwandi-Nova Klaim Menangkan Pilkada Aceh

Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Aceh nomor urut enam, Irwandi-Nova kembali merilis data hasil Pilkada pemilihan gubernur dan wakil gubernur yang didasarkan pada hasil rekapitulasi suara formulir C 1 yang diperoleh saksi Irwandi-Nova dari KPPS di masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Bedasarkan data C 1 itu diketahui pasangan Irwandi Nova unggul dengan perolehan suara sebanyak 812.922 atau 37,52 persen.

Demikian disampaikan calon wakil gubernur Aceh Nova Iriansyah, didampingi calon gubernur Irwandi Yusuf di kantor DPD Partai Demokrat Aceh, Jumat (17/02) sore.

Nova menyebutkan, perolehan suara terbanyak kedua adalah pasangan calon nomor urut lima Muzakir-TA Khalid dengan suara sebanyak 678.264 atau 31,31 persen, kemudian Tarmizi-Machsalmina 361.053 atau 16,67 persen, disusul Zaini-Nasaruddin dengan perolehan 155.056 atau 7, 16 persen, Zakaria-HT Alaidin 121.395 atau 5,60 persen dan Abdullah Puteh-Sayed Mustafa sebanyak 37.785 atau 1,74 persen.

Nova menyebutkan, data formulir c 1 yang masuk ke tim pemenangan Irwandi-nova sudah mencapai 96 persen, dan menurutnya sisa 4 persen lagi diperkirakan tidak akan mengubah peringkat perolehan suara.

“Ini bedasarkan perhitungan nyata dilapangan dari formulir c1 yang diperoleh oleh saksi Irwandi-Nova dan formulir yang sama juga diterima oleh saksi-saksi dari paslon lain,”ujarnya.

Nova menambahkan, data yang sudah masuk kepada pihaknya, sebanyak 2.166.475 masyarakat Aceh atau 63,13 persen dari DPT menggunakan hak pilihnya pada Pilkada 2017 ini.

Nova mengakui, keputusan hasil akhir tetap pada penyelenggara Pilkada, namun pihaknya menolak semua pihak yang berkeinginan untuk mengubah hasil pilkada Aceh.

“Saat ini sedang berlangsung proses rekap di tingkat PPK, maka kami minta para saksi, kader partai dan relawan untuk terus melakukan pengawalan hasil rekapitulasi suara ini untuk memastikan sesuai dengan perhitungan C 1 yang telah kita miliki,”ujarnya.

Pihaknya juga menghimbau agar para penyelenggara bersikap netral dan professional dalam melaksanakan tugasnya, khususnya saat melakukan rekapitulasi suara. Kepada pihak keamanan pihaknya berharap agar ikut mengawal proses rekapitulasi ini.

“Kemenangan ini adalah kemenangan rakyat dan meminta pasangan calon lain untuk dapat sama-sama membangun Aceh yang lebih baik kedepan, kami juga menyampaikan terimakasih kepada seluruh apslon yang telah berpartisipasi aktif  dalam Pilkada Aceh,”lanjutnya.

Sementara itu Irwandi Yusuf mengaku siap untuk mengakomodir program-program paslon lain yang dinilai baik dan bermanfaat bagi masyarakat Aceh jika memenangkan Pilkada ini.

Ia juga menyebutkan, pasangan ini unggul perolehan suara di sejumlah kabupaten dan kota seperti Banda Aceh, Bireun, Aceh Besar dan Langsa.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads