Cabai Merah Tembus 90 Ribu, Bulog Gelar Operasi Pasar

Perum Bulog Divre Aceh melakukan Operasi Pasar (OP) terkait melambungnya harga cabai merah di kota Banda Aceh dan sejumlah daerah lain di Aceh dalam sepekan terakhir.

Pantauan harga cabai merah dipasar-pasar di kota Banda Aceh pada Rabu (23/11) pagi, harga cabe merah mencapai Rp. 90 ribu perkilogram.

Hal demikian diungkapkan Kepala Perum Bulog Divre Aceh Fatah Yasin, di Banda Aceh, Rabu (23/11). Operasi Pasar dilakukan di pasar Kampung Ateuk kecamatan Baiturrahman Banda Aceh.

Yasin menyebutkan pihaknya membeli cabai merah dari petani dengan harga Rp. 73 ribu/kg dan menjual kembali dengan harga Rp. 76 ribu/kg atau terpaut jauh dari harga pasar.

Menurutnya, Operasi pasar itu akan terus dilakukan hingga harga cabai merah kembali normal. Namun kata Yasin, pembelian yang dilakukan pihaknya dari petani cabai tidak terlalu banyak.

“Saya perintahkn kepada kasub divre gudang-gudang bulog harus tambah stok, bukan hanya beras aja, tapi minimal empat komoditi, tapi kalau yang rentan terhadap percepatan penurunan kualitas di petani aja, Cuma kita on call,”ujarnya.

Pada kesempata itu Yasin juga menyebutkan selain operasi pasar terahdap cabai merah pihaknya juga memiliki stok beras, gula dan minyak goreng yang cukup kuat di gudang bulog. Masing-masing, beras sebanyak 37 ribu ton dan gula sebanyak 5 ribu ton. Stok itu menurutnya mencukupi hingga enam bulan kedepan.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads