Kapolda: Kondisi Kamtibmas Aceh Terkendali

Simulasi/ANTARA

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Aceh, Irjen Pol Rio S Djambak menegaskan, meskipun gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Aceh mulai meningkat menjelang Pilkada serentak 2017, namun secara umum masih terkendali.

“Saya sudah instruksikan agar setiap ada gangguan kamtibmas harus cepat ditangani, sehingga tidak meluas,” ujar Kapolda, Irjen Pol Rio S Djambak usai mengikuti HUT ke-71 Brimob di Mapolda Aceh, Senin (14/11).

Kapolda mengakui, gangguan kamtibmas yang terjadi di beberapa wilayah, meliputi tindakan pengancaman, intimidasi, aksi teror bom, pengrusakan sarana-prasarana, peng­rusakan alat peraga kampanye, bentrok antarmassa pendukung, dan gangguan lainnya. “Kita meminta semua jajaran agar dapat mengantisipasi ancaman teror di daerah Aceh. Saat ini, identitas para pelaku teror dan intimidasi itu sudah kita kanto­ngi,” kata Kapolda.

Untuk itu, Kapolda menekankan pentingnya peran serta masyarakat dalam memelihara kekondusifan daerah. Terwujudnya kondisi yang kondusif bukan menjadi tanggung jawab kepolisian semata, melainkan tu­gas bersama. “Kita mengajak peran serta seluruh elemen ma­sya­ra­kat, khususnya peserta Pilkada dan massa pendukungnya untuk bersama-sama menjaga kondisi tetap aman,” tegas Kapolda.

Upacara yang dipimpin Kapolda Aceh itu, turut dihadiri Rektor Unsyiah, Kasdam Iskandar Muda beserta pejabat utama Polda Aceh dan undangan lainnya. Usai melaksanakan acara seremonial, digelar peragaan tarung derajat.

Ucapkan selamat

Kapolda mengucapkan selamat Hut ke-71 Brimob dan diharapkan ke depan menjadi pasukan yang le­bih solid serta menjalin kekompakan menjaga wilayah Aceh ini, karena berbagai gangguan kamtibmas sewaktu-waktu bisa saja muncul.

“Harapan saya kepada Brimob Polda Aceh selalu menjaga kekompakan dalam menjalankan tugas su­paya berhasil.Seperti Motto Brimob Polri; “Sekali Melangkah Pan­tang Menyerah, Sekali Tampil Harus Berhasil,” ujar Kapolda.

Selain itu, Kapolda juga meminta untuk lebih mengintrospeksi diri serta meningkatkan jiwa keprofesionalan, modern, dan terpercaya. Sedangkan untuk menjaga keamanan wilayah Aceh dalam Pilkada nanti, Brimob agar dapat membangun hubungan yang solid dengan TNI.

Satuan Brimob Polda Aceh menggelar berbagai rangkaian ke­gi­atan dalam rangka HUT ke-71 Bri­mob, di antaranya lomba me­nem­­bak antar Satuan Kerja (Sat­ker) dan Polres di Mako Brimob Ujong Batee. Beberapa Satker dan Polres yang mengikuti kegiatan itu, ma­sing-masing Lantas, Reskrim, Bid Propam,dan Sabhara dari Polres Be­ner Meriah,Aceh Timur, Aceh Be­sar serta Sabang.

Lomba menembak terbagi dua ke­las, yaitu shoot off pistol dan shoot off senapan. Keluar sebagai juara shoot off pistol Polres Aceh Timur diikuti Dit Lantas dan Polres Bener Meriah, sedangkan kelas shoot off senapan dimenangkan Polres Aceh Besar, Polres Sabang, dan Polres Aceh Jaya

Kasat Brimob Polda Aceh, Kom­bes Pol Norman Widjajadi me­ngatakan, kegiatan merupakan ajang berkumpulnya para penggemar olahraga menembak. Panitia me­nyediakan hadiah menarik dan pi­agam penghargaan bagi para pemenang lomba.

ANALISA