Aceh Kondusif, Plt Gubernur Apresiasi Kandidat Gubernur

Deklarasi Pilkada Damai/IQBAL

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh Mayjen TNI Purn. Soedarmoe menyampaikan apresiasi kepada semua pihak, terutama para kandidat dan Tim sukses calon gubernur/wakil gubernur Aceh pada Pilkada 2017, karena hingga saat ini kondisi keamanan Aceh secara umum sangat kondusif.

Hal demikian disampaikan Plt Gubernur Aceh pada deklarasi Pilkada berintegritas dan damai pemilihan gubernur dan wakil gubernur Aceh periode 2017-2022, di Mapolda Aceh, Kamis (10/11).

Soedarmo secara khusus juga menyampaikan apresiasi kepada Forum Komunikasi Pemerintah Daerah Pidie dan Forum Komunikasi Pemerintah daerah Aceh Jaya atas tindakan cepatnya mencegah dua insiden di daerah itu sehingga tidak sempat meluas.

“Saya sampaikan terima kasih karena situsi di Aceh sangat kondusif, kalau missal ada dua persoalan itu masih wajar dan bisa diselesaikan secara cepat sehingga tidak berkembang,”ujarnya.

Soedarmo berharap dengan adanya ikrar dan penandatanganan deklarasi pilkada damai merupakan perwujudan dari semua pihak untuk menyukseskan Pilkada tahun 2017. Ia berharap Pilkada serentak pada 15 Februari 2017 merupakan kesempatan bagi seluruh rakyat Aceh untuk memilih pemimpinnya.

Ia meminta seluruh pasangan calon untuk menciptakan situasi aman, nyaman dan damai dengan tidak melakukan intimidasi yang berpotensi menjatuhkan korban. Ia berharap kepada penyelenggara baik KIP dan Panwaslih agar bersikap netral tanpa berpihak kepada salah satu pasangan calon.

“Mari kita pertunjukkan politik yang mendidik,sehingga rakyat merasa aman dan nyaman. Para kandidat silahkan berkompetisi dengan sportif,”lanjutnya.

Soedarmo juga mengajak seluruh unsur pemerintah dan masyarakat serta media untuk mengawasi pelaksanaan Pilkada di provinsi Aceh. “Masyarakat juga punya hak melakukan pengawasan dan melaporkan jika ada kecurangan,”pungkasnya.