Wakapolri: Siaga Satu Seluruh Polda se-Indonesia

Simulasi/ANTARA

Wakapolri Komjen Pol Syafruddin menegaskan bahwa Polri telah resmi meningkatkan status siaga satu bagi seluruh jajaran Polri se-Indonesia. Syafruddin mengatakan, peningkatan status itu untuk mengantisipasi gangguan keamanan di seluruh Indonesia.

“Sudah siaga satu per hari ini (Rabu, 2/11) untuk seluruh Indonesia,” kata Komjen Syafruddin di sela-sela Apel
Kesiapsiagaan Tahap Kampanye Dalam Rangka Pilkada Serentak 2017, di Lapangan Monumen Nasional, Jakarta, Rabu.

Menurut dia, peningkatan status siaga satu karena melihat situasi keamanan tahapan Pilkada yang kini memasuki masa kampanye, sehingga diperlukan peningkatan status siaga dalam rangka mengantisipasi gangguan keamanan di seluruh wilayah Indonesia.

“Alasannya karena membaca situasi keamanan, saat ini tahapan Pilkada sudah masuk masa kampanye terbuka,” ujar mantan Kepala Lemdikpol itu.

Sebelumnya, telah dikeluarkan perintah Siaga 1 bagi jajaran Brimob mulai Jumat (28/11). Pada Rabu, sebanyak empat ribu pasukan gabungan TNI, Polri dan Satpol PP menggelar apel kesiapsiagaan tahap kampanye dalam rangka Pilkada Serentak 2017, di lapangan Monumen Nasional, Jakarta, Rabu.

Empat ribu pasukan gabungan dalam apel tersebut hanya sebagian kecil dari 18 ribu pasukan yang akan dikerahkan untuk mengamankan rencana unjuk rasa besar-besaran di Jakarta pada 4 November 2016.

Dalam apel tersebut, dihadiri oleh Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, Wakapolri Komjen Pol Syafruddin, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta Sumarsono, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M. Iriawan, dan Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi.