Penarikan Nomor Urut : Illiza 1 Aminullah 2

Pengundan nomor urut calon walikota Banda Aceh/IQBAL

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh menggelar rapat pleno terbuka pengundian nomor urut pasangan calon walikota/wakil walikota Banda Aceh peserta  Pemilihan Kepala daerah (Pilkada) Kota Banda Aceh tahun 2017.

Rapat pleno digelar di Grand Nanggroe Hotel Banda Aceh dihadiri langsung dua pasangan calon walikota Banda Aceh yang sudah ditetapkan sehari sebelumnya yaitu pasangan Illiza Sa’aduddin Djamal-Farid Nyak Umar dan pasangan Aminullah Usman-Zainal Arifin. Turut hadir ratusan pendukung dari kedua pasangan calon.

Hasilnya, Pasangan Illiza-Farid mendapatkan nomor urut satu dan pasangan Aminullah-Zainal mendapatkan nomor urut dua.

Ketua KIP Kota Banda Aceh Munawarsyah menyebutkan dengan selesainya penarikan nomor urut maka berakhir pula seluruh tahapan pencalonan. Selanjutnya para kandidat akan menghadapi masa kampanye yang dimulai tanggal 28 Oktober 2016 mendatang.

“Kita sudah serahkan hasilnya kepada para calon, untuk nomor urut satu ibuk Illiza-Farid dan nomor urut dua bapak Aminullah-Zainal,”ujarnya.

Munawarsyah menambahkan nomor urut tersebut juga sudah bisa digunakan pada alat-alat peraga yang digunakan masa kampanye.

Pada kesempatan itu Munawarsyah menyebutkan, tahapan selanjutnya adalah pemaparan visi-misi dihadapan sidang paripurna DPRK Banda Aceh pada 29 Oktober 2016 mendatang.

Sementara itu sebelum penarikan nomor urut berlangsung, ketua Pokja Pencalonan KIP Kota Banda Aceh Indra Milwady menyampaikan proses pencalonan dari awal hingga ditetapkannya nomor urut.

Ia menyebutkan dari empat bakal pasangan calon yang mendaftar ke KIP Kota Banda Aceh, hanya dua pasangan yang maju melalui jalur partai politik yang memenuhi syarat, sedangkan dua pasang lainnya yang maju melalui jalur perseorangan gagal memenuhi jumlah dukungan foto copi KTP.