DPD RI : Guru Ujung Tombak Pencerdasan Bangsa

Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Aceh Baktiar Aly mengajak seluruh guru di provinsi Aceh menjadi teladan, tidak hanya bagi siswa, akan tetapi juga bagi masyarakat dilingkungannya masing-masing.

Hal itu disampaikan Baktiar Aly disela-sela sosialisasi empat pilar kebangsaan kepada para guru di  kota Banda Aceh, Selasa (11/10) sore.

Baktiar mengatakan sosialisasi itu dilakukan kepada para guru, mengingat guru adalah ujung tombak pencerdasan kehidupan bangsa. Ia berharap dengan disampaikan kepada guru akan menimbulkan multi efek, dan jauh lebih efektif.

“Kita harap mereka menjelaskan kepada muridnya, dan seterusnya. Dan guru bias menjelaskan dengan bahasa yang dimengerti, maka saya yakin jauh lebih efektif, dan mereka tau bagaimana menyampaikannya,”ujarnya.

Selain itu sosialisasi itu dilakukan kepada guru untuk merefresh pengetahuan para tentang nilai-nilai pancasila, bukan untuk mendoktrin para guru.

Karena menurutnya, saat ini fakta dilapangan banyak nila-nilai pancasila yang tidak dijalankan oleh pejabat-pejabat terkait, dan yang paling merasakannya adalah kaum guru.

Sementara itu pantauan dilokasi acara, para guru menyampaikan sejumlah curhat dan unek-uneknya kepada politisi partai Nasdem itu. Curhat itu antara terkait tunjangan sertifikasi yang sering telat dibayarkan, persoalan guru honor, serta persoalan-persoalan yang dihadapi oleh guru yang bertugas di daerah terpencil.