Besok, Sertijab Pangdam IM

Mayjen TNI Tatang Sulaiman

Panglima TNI, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dijadwalkan akan melantik dan memimpin serah terima jabatan (Sertijab) Panglima Kodam Iskandar Muda (IM) dari Mayjen TNI L Rudy Polandi kepada Mayjen TNI Tatang Sulaiman di Mabes TNI, Jumat (7/10).

Pergantian Pangdam IM ini berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI No.Kep/751/IX/2016 tertanggal 16 September 2016. Mayjen Luczisman Rudy Polandi dari Pangdam IM selanjutnya akan menjabat Pasahki Panglima TNI.

Sedangkan Mayjen TNI Tatang Sulai­man sebelumnya menjabat sebagai Kapuspen TNI. Mayjen Tatang Sulaiman merupakan perwira tinggi TNI Angkatan Darat, alumnus Akademi Militer tahun 1986 dan berpengalaman dalam bidang infanteri.

“Rencananya, pelantikan dan sertijab akan dilaksanakan di Mabes TNI pada 7 Ok­tober,” ujar Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) IM, Kolonel Inf Machfud kepada Analisa, Rabu (5/10) di sela-sela peringatan HUT ke-71 TNI di Lapangan Blang Padang Banda Aceh.

Menurut Kapendam, selepas pelantikan dan sertijab di Mabes TNI, Pangdam yang baru akan ke Aceh bersama Pangdam lama untuk mengikuti acara lepas sambut. Jadwal dan waktu lepas sambut nantinya akan disesuaikan kondisi.

Amatan Analisa, pergantian Pangdam IM ini tergolong cepat, sebab Mayjen L Rudy Polandi baru menjabat sejak Februari 2016 lalu menggantikan Mayjen TNI Agus Kriswanto.

Sedangkan Mayjen TNI Tatang Sulaiman sendiri bukanlah orang baru di Aceh, sebab ia pernah bertugas di Aceh saat berpangkat perwira menengah. Karena telah pernah bertugas di Aceh, tentunya daerah “Serambi Mekkah” ini bukanlah sesuatu yang asing baginya.

Dalam karier militernya, Mayjen TNI Tatang Sulaiman pernah menjabat Dandim 0103/Aceh Utara dan Waasops Kodam Iskan­dar Muda. Di tempat lain, pernah Danyonif 202/Taji Malela, Danbrigif Linud 3/Tri Budi Mahasakti Kostrad, Danrem 083/Ba­ladhika Jaya, dan Pamen Denma Mabesad.

Kariernya terus meningkat dan berhak menyandang bintang satu dengan diangkat sebagai Wadanpussenif Kodiklat TNI-AD, Kasdivif 2/Kostrad serta pernah menjadi Kepala Staf Komando Daerah Militer (Kasdam) XVII/Cenderawasih.

Pangdam IM, Mayjen TNI L Rudy Polan­di dalam pesan dan amanat terakhirnya saat resepsi HUT ke-71 TNI di Lapangan Blang Padang mengingatkan para prajurit Kodam IM untuk terus meningkatkan soliditas dan kekompakan.

Di samping itu, Pangdam dalam amanatnya yang dibacakan Kasdam Brigjen TNI Moch Fachruddin, juga meminta para prajurit TNI di jajaran Kodam IM untuk me­ningkatkan kedisiplinan dan tidak melakukan pelanggaran hukum. “Saya tidak mau dengar dan lihat masih ada prajurit Kodam IM yang melanggar hukum,” tegas Pangdam.

Sebelumnya, Kasdam mengatakan, tidak hadirnya Pangdam Mayjen TNI L Rudy Polandi pada HUT ke-71 TNI di Aceh, karena sudah berangkat ke Jakarta guna persiapan mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Pulau Natuna, Kepulauan Riau.

Presiden Jokowi yang didampingi Panglima TNI dan seluruh Pangdam se-Indonesia ke Pulau Natuna untuk menghadir puncak acara Angkasa Yuda 2016, Kamis (6/10). (ANALISA)