Uji Mampu Baca Alquran Kandidat Walikota Terbuka Untuk Umum

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh akan menyelenggarakan uji mampu baca Alquran bagi bakal calon walikota dan wakil walikota Banda Aceh periode 2017-2022, Kamis (29/09).

Kegiatan uji baca Alquran dipusatkan di Masjid Agung Al-Makmur  Banda Aceh pada Pukul 14.00 WIB.

Keempat pasangan bakal calon yang baka diuji itu masing-masing Illiza Sa’aduddin Djamal (PA, PKS, PPP, PDA, PKPI, Demokrat, PDIP dan Hanura), Aminullah Usman-Zainal Arifin (PAN, Golkar, Nasdem, PKB, Gerindra, PBB), Marniati-Amiruddin (Independen), Adnan Bransah-Umar Rafsanjani (Independen).

Ketua Pokja Pencalonan KIP Kota Banda Aceh Indra Milwady menyebutkan, tes uji mampu baca Al-quran merupakan kekhususan Aceh dalam setiap Pemilu, baik pemilu pemilihan legislatif maupun pemilihan kepala daerah (Pilkada).

Indra menambahkan, untuk uji mampu baca Al-quran pihaknya mempercayakan juri dari Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ), Kementrian Agama Kota Banda Aceh dan MPU Kota Banda Aceh.

Menurutnya, Ada tiga unsur yang dinilai oleh dewan juri, masing-masing Fasahah, Tajwid dan adab. Pihaknya juga sudah menetapkan nilai yang harus mampu diperoleh oleh setiap bakal calon.

“Ada standar berapa lulus dan berapa tidak, standarnya kita ambil 50, karena ini uji mampu baca quran,”ujar Indra seraya menyebutkan kegiatan itu terbuka untuk umum.