Menteri Pariwisata Mau Aceh Seperti Makkah

Kunjungan wisman ke Aceh menurun/foto antara

Sebagai salah satu destinasi wisata halal di Indonesia, Aceh harus siap bersaing di level internasional. Berikut, sedikit pesan dari Menteri Pariwisata Areif Yahya.

Aceh baru saja menyabet 3 gelar dalam Kompetisi Pariwisata Halal Nasional atau KPHN 2016. Ketiga gelar tersebut yakni sebagai Destinasi Budaya Ramah Wisatawan Muslim Terbaik, Masjid Raya Baiturrahman sebagai Kategori Daya Tarik Wisata Terbaik, dan Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda sebagai Bandara Ramah Wisatawan Muslim Terbaik.

Namun jangan berbangga dulu, masih banyak tugas lain yang menanti. Dalam rilis Kementerian Pariwisata yang diterima detikTravel, Jumat (23/9/2016) Menteri Pariwisata Arief Yahya ingin Aceh menjadi seperti Makkah.

Contohnya begini, kawasan Masjid Raya Baiturrahman sebaiknya ditata lebih baik lagi. Lebih diperhatikan soal kebersihan dan sarana untuk wisatawan Muslim.

“Ada tempat yang luas, bersih, bagus untuk berkumpul, bermain, belanja, kuliner dan aktivitas lain seperti di Makkah,” katanya.

Jadi para wisatawan Muslim yang datang ke Aceh tak hanya menghabiskan waktu di dalam masjid saja. Terdapat banyak aktivitas lain yang seru untuk dilakukan. Serta bisa jadi, wisatawan Muslim lebih lama waktunya menetap di Aceh.

“Itu akan menjadi daya tarik yang sangat kuat,” tutup Arief.(detik)