Enam Paslon Gubernur Aceh Jalani Tes Kesehatan

Enam pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh menjalani pemeriksaan kesehatan yang dipusatkan di Rumah Sakit Umum Zainal Abidin, Banda Aceh.

Wakil Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Basri M Sabi di Banda Aceh, Sabtu, mengatakan pemeriksaan kesehatan berlangsung dua hari, Sabtu (24/9) dan Minggu (25/9).

“Pemeriksaan dipusatkan di Rumah Sakit Umum Zainal Abidin Banda Aceh. Pemeriksaan melibatkan sejumlah dokter spesialis dari Ikatan Dokter Indonesia,” kata Basri M Sabi.

Adapun enam pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh tersebut yakni. Zaini Abdullah dan Nasaruddin. Pasangan Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah.

Kemudian, pasangan Zakaria Saman dan T Alaidinsyah. Pasangan Muzakir Manaf dan TA Khalid, pasangan Abdullah Puteh dan Sayed Mustafa serta pasangan Tarmizi A Karim dan T Machsalmina Ali.

Basri M Sabi mengatakan, pemeriksaan meliputi fisik luar dan dalam. Hasil pemeriksaan nantinya direkomendasikan kepada KIP Aceh, apakah masing-masing bakal calon memenuhi syarat atau tidak.

Selain pemeriksaan kesehatan, kata dia, semua pasangan calon juga menjalani tes narkoba. Pemeriksaan narkoba melibatkan tim dari Badan Narkotika Nasional (BNN).

“Jika ada calon yang positif narkoba, maka pencalonannya digugurkan. Tes narkoba ini berlapis, mulai urine, darah, hingga pemeriksaan rambut,” kata Basri M Sabi.

Selain pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur, sebut dia, pemeriksaan kesehatan juga diikuti lebih dari seratusan calon bupati/wali kota dan wakil.

“Pemeriksaan bersamaan ini karena di Aceh digelar pilkada serentak antara provinsi dengan pilkada di 20 dari 23 kabupaten/kota,” kata Basri M Sabi.

Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh digelar 15 Februari 2017. Pemilihan tersebut digelar serentak dengan pemilihan 20 bupati/wali kota dan wakil di Provinsi Aceh. ANT