Banda Aceh Kota Referensi Layanan Pendidikan di Aceh

Pemerintah Kota Banda Aceh menerima penghargaan khusus sebagai daerah Referensi Layanan Pendidikan di Provinsi Aceh.

Penghargaan berupa piagam dan plakat Gubernur Aceh Awards dalam rangka Hari Pendidikan Daerah (Hardikda) 2016 ini, diserahkan langsung oleh Gubernur Aceh Zaini Abdullah kepada Kadisdikpora Banda Aceh Syaridin, Minggu (18/9/2016) di Pidie Jaya.

Syaridin yang pada kesempatan tersebut mewakili Wali Kota Banda Aceh Illiza Sa’aduddin Djamal menyebutkan, dengan diberikannya penghargaan khusus ini, Banda Aceh yang telah menjadi juara umum dalam penilaian Hardikda selama tiga tahun berturut-turut, menjadi pemegang sah Piala Bergilir Hardikda Gubernur Aceh.

“Setelah tiga tahun berturut menjadi juara umum dan tahun ini diganjar penghargaan tertinggi sebagai referensi layanan pendidikan bagi daerah lain, tentu menjadi kado terindah bagi Pemko Banda Aceh di bawah kepemimpinan Illiza Sa’aduddin Djamal,” ungkapnya lagi.

Selain menyabet‎ penghargaan khusus yang baru pertama kali dianugerahkan tersebut, Banda Aceh juga mendapat empat penghargaan sebagai kota berprestasi dalam pembangunan pendidikan. Untuk kategori Capaian Target PAUD, Banda Aceh mendapat juara dua, dan juara satu untuk kategori Kualitas Layanan Satuan Pendidikan. Selanjutnya juara satu untuk kategori Kontribusi Pendidikan dalam Capaian IPM, dan juara dua untuk kategori Dukungan Penyelenggaraan.

Puncak peringatan Hardikda ke-57 digelar di Pidie Jaya dengan rangkaian acara Resepsi Hardikda 2016, Pameran Pendidikan, dan Seminar Pendidikan 18-21 September 2016. Turut hadir pada acara puncak malam tadi antara lain Kadisdik Aceh Hasanuddin Darjo, Kakanwilkemenag Aceh Daud Pakeh, Wabup Pidie Jaya Said Mulyadi, dan para pejabat pemerintahan dari 23 kabupaten/kota di Aceh.