Absolutely Thailand Sore Ini Tampil di Museum Tsunami

http://disbudpar.acehprov.go.id

Group kesenian dan budaya dari negeri Gajah Putih, Thailand, sanggar Absolutely, akan tampil pada Minggu sore (28/06/2016), di Museum Tsunami, Jalan Iskandar Muda, Banda Aceh.

Absolutely Thai membawakan Klong Yaw, tarian pergaulan muda mudi Thailand, dengan menggunakan alat musik perkusi. Selain itu para penari juga ikut menyanyi untuk menambah semarak performa mereka saat di atas pentas.

“Klong Yaw berarti long drum. Alat musik ini digunakan sebagai musik utama yang mendukung tarian Klong Yaw,” kata Kung dalam bahasa Inggris saat di wawancara tim dari Media Center Aceh International Rapa’i Festival 2016.

Kung dalam wawancaranya mengaku, dia bersama timnya sangat senang bisa berkunjung ke Indonesia khususnya Aceh pada even Aceh International Rapa’i Festival 2016. Menurut Kung acara ini sangat bagus dan dapat memperat hubungan antara Thailand dengan Indonesia dan Aceh khususnya.

Kung mengatakan, masyarakat Thailand pada umumnya menggunakan Klong Yaw disetiap acara pembukaan dan di setiap peristiwa-peristiwa penting atau bahagia sebagai bentuk perayaan dan  menggunakan Klong Yaw untuk merayakan acara Aceh International Rapa’i Festival.

“Kami menampilkan Klong Yaw, Raban Ching, dan Seung Ka Po. Kami punya performan yang belum kami tampilkan bernama Krap, itu merupakan sebuah tari tradisional klasik yang juga memadukan beberapa alat musik seperti Ching dan lainnya, tari ini dahulu kala biasa ditampilkan di istana-istana kerajaan Zaman dahulu, dan akan kami tampilkan besok, di Museum Tsunami, masyarakat bisa menyaksikannya di sana,” kata Kung.