Peserta BPJS Ketenagakerjaan Baru 84.731

Bedasarkan data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penduduk Aceh yang bekerja pada Februari 2016 sebanyak 2.053 juta orang. Dengan rincian sebanyak 41,54 persen adalah pekerja formal (Buruh/karyawan/PNS) dan sisanya sebanyak 58 ,46 persen merupakan pekerja informal.

Sementara itu menurut data kepesertaan pada BPJS ketenagakerjaan sampai dengan Juli 2016 untuk provinsi Aceh, jumlah tenaga kerja formal aktif sebanyak 84.731 dengan jumlah perusahaan aktif sebanyak 8.303 perusahaan, sementara untuk jumlah tenaga kerja informal aktif sebanyak 4.957 orang.

Hal demikian diungkapkan Kepala Kantor Wilayah Sumbagut Edy Sahrial pada sosialisasi program BPJS ketenagakerjaan kepada insan pers, Jumat (19/08).

Edy mengatakan, sosialisasi dilakukan dalam rangka meningkatkan kepesertaan BPJS ketenagakerjaan.

Menurutnya dalam rangka pemerataan perlindungan dan cakupan kepersetaan, BPJS ketenagakerjaan telah melakukan berbagai kegiatan seperti melaksanakan sosialisasi massif, membentuk kader penggerak jaminan sosial ketenagakerjaan serta membangun gerakan desa sadar jaminan sosial ketenagakerjaan.

“Dan yang paling penting adalah dukungan dari pemerintah daerah dalam implementasi program BPJS ketenagakerjaan yang merupakan program strategi nasional”ujarnya.